3 orang tewas tertimbun longsor di Jayapura

Senin, 18 Maret 2013 - 10:07 WIB
3 orang tewas tertimbun longsor di Jayapura
3 orang tewas tertimbun longsor di Jayapura
A A A
Sindonews.com - Tingginya curah hujan menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor di kawasan APO Gunung, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Bencana ini menyebabkan tertimbunnya sebuah rumah yang menewaskan tiga orang penghuninya.

Dari hasil identifikasi petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ketiga korban bernama Melinda (26), Agustina Soisa (17), dan Ardelea (23). Ketika longsor terjadi, ketiganya sedang berada di dalam rumah. Sementara, Han Loen (47) mengalami luka-luka.

"Ketiga korban meninggal sudah disemayamkan di rumah keluarga di kawasan APO Gunung, Kota Jayapura. Sementara, korban luka dirawat di RSUD Dok 2 Jayapura," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu (17/3/2013).

Sutopo menuturkan, bencana longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kota Jayapura sejak Sabtu 16 Maret 2013. Sehingga, menyebabkan kondisi tanah menjadi labil hingga mengalami longsor pada Minggu (17/3/2013) dinihari.

Hujan deras selama beberapa hari terakhir juga menyebabkan banjir di sejumlah titik, di kawasan Entrop, Pasar Youtefa, SMA 4 dan sekitarnya. Namun, gabungan petugas sudah bersiap-siap di lokasi yang iperkirakan rawan bencana.

"BPBD Provinsi Papua bersama aparat TNI, Polri, SKPD terkait dan masyarakat melakukan penanganan darurat seperti evakuasi, penyaluran bantuan makanan, pembersihan lokasi dan pengaturan arus lalu lintas yang macet di sekitar lokasi kejadian longsor," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6449 seconds (0.1#10.140)