BPBD Banjarnegara siapkan jalur evakuasi

Kamis, 14 Maret 2013 - 11:49 WIB
BPBD Banjarnegara siapkan jalur evakuasi
BPBD Banjarnegara siapkan jalur evakuasi
A A A
Sindonews.com - Kawah Timbang di Desa Sumberejo Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah hingga Kamis (14/3/2013) pagi masih terus mengeluarkan gas beracun. Kadar gas masih melebihi ambang batas normal dengan jarak luncur gas mencapai 100 meter.

Untuk mengantisipasi luncuran gas beracun ke pemukiman, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara menyiapkan jalur evakuasi.

Sejauh ini, pengamatan yang dilakukan di Pos Pengamat Gunung Api Dieng, kadar gas beracun berada diatas ambang normal. Tercatat, kadar gas co 2 yang terukur di area sekitar kawah mencapai 2,4 persen volume, di atas ambang batas normal 0,5 persen volume.

Sementara pantauan secara visual yang di lakukan tim pengamat gunung api, luncuran gas terjadi hingga sejauh 100 meter dari bibir kawah menuju ke arah selatan lembah kali sat Desa Batur.

"Luncuran gas ini masih aman karena menjauh dari area pemukiman warga," terang Kepala BPBD Banjarnegera, Tursiman di Pos Pengamatan Gunung Dieng, Kamis (14/3/2013).

Kendati masih dalam batas aman, Tursiman mengimbau agar warga tidak mendekati kawah timbang. Karena larangan mendekati Kawah Timbang dalam radius 500 meter masih berlaku.

"Warga kami imbau tetap tenang, jangan terpengaruh isu. Terpenting jangan mendekat dalm radius 500 meter karena itu area berbahaya," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0658 seconds (0.1#10.140)