ELPAF jamin pasarkan sorgum

Kamis, 14 Maret 2013 - 10:52 WIB
ELPAF jamin pasarkan sorgum
ELPAF jamin pasarkan sorgum
A A A
Sindonews.com - Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Agroforestry (ELPAF) Jakarta siap membantu memasarkan hasil panen sorgum warga Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam sosialisasi kepada masyarakat tujuh desa di Insana, Kamis (14/3/2013) pagi, Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Agroforestry (ELPAF) Jakarta memperkenalkan berbagai manfaat sorgum dari biji, batang, daun, dan akar sorgum.

"Biji sorgum bisa dibuat tepung, batang bisa dibuat bioetanol serta akar bisa untuk pembuatan jamu sedangkan daun bisa untuk pakan ternak." Kata Ivan andi Darmawan salah satu pengurus ELPAF menjelaskan di Kefamenanu.

Ivan menjelaskan, apabila masyarakat berhasil membudidayakan tanaman sorgum dengan hasil panen yang memuaskan, maka pihaknya akan siap membantu dalam pemasaran sehingga masyarakat tidak ragu-ragu untuk menanam.

"Saya bantu nanti, dari sorgumnya kita bisa pasarkan ke Bogasari, kalau batangnya kita bisa pasarkan ke asosiasi ternak di Jawa Timur pokoknya pasar tebuka luas, asalkan hasil panen memuaskan," tambah Darmawan.

Tujuh Desa di Kecamatanb Insana Kabupaten Timor Tengah Utara yang mulai budidayakan sorgum adalah Desa Fatuana, Botof, Keun, Lanaus, Oenbit, Susulaku dan Nunmafo.

Warga di tujuh desa itu juga sudah menyiapkan lahan sedikitnya 400 hektare untuk pengembangan sorgum.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5791 seconds (0.1#10.140)