Xenia terjun ke sungai, satu tewas, satu hilang

Selasa, 12 Maret 2013 - 13:48 WIB
Xenia terjun ke sungai, satu tewas, satu hilang
Xenia terjun ke sungai, satu tewas, satu hilang
A A A
Sindonews.com - Mobil Daihatsu Xenia yang ditumpangi rombongan Hamba Tuhan terjun ke sungai di daerah Eran Batu desa Rinding Batu kecamatan Kesu, kabupaten Toraja Utara, Selasa (12/3) sekitar pukul 03.20 wita. Rencananya, rombongan Hamba Tuhan dari Kolaka ini akan menghadiri pertemuan Hamba Tuhan di Makale.

Informasi yang diperoleh di tempat kejadian perkara (TKP), peristiwa lakalantas tunggal itu bermula saat mobil Xenia bernomor polisi DD 1485 UR yang ditumpangi lima orang melaju dari arah Rantepao menuju kota Makale. Empat orang diantaranya merupakan Hamba Tuhan, yaitu Andreas Mangosa (43), Maria (44), Efraim Tappi (38), Eben Heizer (37). Seorang penumpang lainnya bernama Meiser (6), anak dari Eben Heizer.

Saat mobil yang dikemudikan Andreas Mangosa melintas di daerah Eran Batu desa Rinding Batu kecamatan Kesu, tiba-tiba mobil berjalan keluar jalur kearah kanan jalandan langsung kecebur ke sungai. Tiga penumpang mobil masing-masing, Andreas, Maria dan Efraim berhasil selamat. Sementara dua penumpang yakni, Eben Heizer dan anaknya Meisel hanyut terbawa derasnya air sungai saat peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 03.20 Wita.

Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Tana Toraja, AKP Andi Muh Zakir yang turun langsung di TKP menyatakan satuan polisi lalulintas yang tiba di TKP 10 menit setelah kejadian langsung berkoordinasi dengan tim SAR dan TNI untuk melakukan pencaharian dua korban yang hilang. Tim gabungan dari unsur Polri, TNI dan SAR langsung menyisir bantaran sungai.

Setelah beberapa jam melakukan pencarian, satu korban yang hanyut yakni Meisel (6) berhasil ditemukan disekitar jembatan Alang-alang atau tiga kilometer dari lokasi mobil Xenia tercebur.

Menurutnya, saat ditemukan, korban sudah tidak bernyawa lagi. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit Elim di kota Rantepao untuk diotopsi. Satu korban lainnya, Eben Heizer belum berhasil ditemukan. Diperkirakan korban hilang karena terbawa arus sungai yang deras.

Tim gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban dengan menyisir bantaran sungai. Sementara sopir mobil dan dua penumpang lainnya selamat dari kecelakaan maut tersebut. Mobil Xenia yang kecebur ke sungai juga sudah berhasil dievakuasi menggunakan alat berat dan sudah diamankan di pos polisi kota Makale.

“Upaya pencaharian korban Eben Heizer masih terus berlangsung. Dalam melakukan pencarian, tim gabungan menggunakan tiga perahu karet untuk melakukan penyisiran di bantaran sungai,” jelas Mu Zakir.

Perwira pertama polisi itu menyatakan, berdasarkan hasil penyeldikan sementara, rombongan Hamba Tuhan itu berangkat dari kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara menuju kabupaten Tana Toraja untuk menghadiri pertemuan para Hamba Tuhan di Sekolah Tinggi Theologi (STT) Kibait di kota Makale.

Mobil Xenia yang mengalami kecelakaan dan tercebur ke sungai disebabkan lepas kontrol. Saat melintas di daerah Eran Batu desa Rinding Batu sopir dalam keadaan mengantuk mobil yang dikendarainya keluar jalur ke arah kanan dan langsung terjun ke sungai.

“Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap sopir mobil untuk dimintai keterangannya,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8715 seconds (0.1#10.140)