Jelang pembatasan BBM, solar langka di Pekanbaru

Kamis, 28 Februari 2013 - 18:14 WIB
Jelang pembatasan BBM, solar langka di Pekanbaru
Jelang pembatasan BBM, solar langka di Pekanbaru
A A A
Sindonews.com - Sehari menjelang pemberlakuan pengendalian bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi, solar mulai langka disejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Pekanbaru, Riau.

Hanya beberapa spbu yang masih terlihat menjual solar dan itupun terjadi antrean panjang kendaraan yang bisa mencapai satu kilometer.

Beberapa SPBU yang berada di Kota Pekanbaru, seperti SPBU Garuda Sakti, SPBU Arengka Satu dan Dua, SPBU Arifin Ahmad, yang biasa menyediakan bahan bakar solar terlihat kosong.

Hampir semua truk dan bus yang sudah terlanjur masuk kedalam SPBU terpaksa keluar lagi dan mencari SPBU yang masih menyediakan solar.

Dari pantauan di lapangan, beberapa SPBU yang masih menjual solar langsung dikerubuti kendaraan. Antrean kendaraan bisa mencapai satu kilometer.

Pire Nainggolan, salah seorang sopir truk menyatakan bahwa kelangkaan solar di sejumlah SPBU ini sudah berlangsung selama sebulan.

"Sekali ada, kami harus antre paling cepat empat jam," katanya, Kamis (28/2/2013).

Menurut Doni pengawas SPBU Lestari di Jalan Subrantas, antrean kendaraan sudah terlihat sejak tiga hari lalu.

"Bagaimana tidak cepat habis, jatah solar juga sudah dikurangi," katanya.

Doni menambahkan diduga kelanggkaan ini, terkait mulai diberlakukannya peraturan Menteri ESDM Nomor 1 tahun 2013 yang salah satu isinya larangan bagi kendaraan roda empat keatas milik pertambangan, perkebunan dan industri, menggunakan solar bersubsidi, sehingga jatah SPBU dikurangi.

Pihak Pertamina Cabang Pemasaran Pekanbaru yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, tidak satupun yang mau memberikan keterangan perihal kelangkaan ini.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5679 seconds (0.1#10.140)