Kota Bandung mulai ramah untuk difabel

Jum'at, 22 Februari 2013 - 16:38 WIB
Kota Bandung mulai ramah untuk difabel
Kota Bandung mulai ramah untuk difabel
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Bandung mulai membenahi kota agar lebih ramah untuk kaum difabel atau berkebutuhan khusus. Ini terlihat dari perbaikan sejumlah trotoar yang dipasangi fasilitas ramah bagi difabel.

Salah satu yang telah selesai dan dapat digunakan, yakni trotoar Jalan Aceh sekitar Kantor Kodam TNI AD. Trotoar tersebut bisa dilintasi kursi roda karena terdapat ruang landai untuk naik turun.

Sedangkan, bagian tengah trotoar diberi tanda timbul agar bisa jadi pemandu bagi kaum tunanetra.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung, Iming Ahmad terdapat titik untuk ditingkatkannya fungsi trotoar. Anggaran untuk pembangunan ini bersumber dari pos dana yang sama dengan pembangunan drainase.

"Tidak ada rincian alokasi tersendiri, bersatu dengan anggaran saluran air berjumlah sekitar Rp 90 miliar," kata Iming kepada wartawan saat ditemui di Plaza Balaikota Bandung, Jumat (22/2/2013).

Titik lain di samping Jalan Aceh, sambung Iming, akan segera menyusul. Anggaran rata-rata yang digunakan untuk trotoar ramah difabel ini, kurang dari Rp200 juta. Sehingga dalam waktu dekat beberapa trotoar segera ditingkatkan.

Jalan-jalan tersebut adalah Dewi Sartika, Moch. Ramdan, Cibaduyut, seputar GOR Saparua, dan Jalan RE Martadinata.

Di semua titik pembangunan trotoar, rencananya akan ada patok-patok sehingga hanya bisa dilewati kursi roda.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7752 seconds (0.1#10.140)