Jelang pilgub, PKB pecah dukungan

Selasa, 19 Februari 2013 - 11:42 WIB
Jelang pilgub, PKB pecah...
Jelang pilgub, PKB pecah dukungan
A A A
Sindonews.com - Jalan kandidat Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansah untuk maju di Pilgub Jatim 2013 bakal terganjal. Pasalnya, terjadi perbedaan di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam mengusung calon. Antara Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pecah pendapat.

Di Internal PKB, Dewan Syuro DPP PKB memastikan untuk mendukung duet Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) maju lagi di Pilgub Jatim 2013. Sementara jajaran Dewan Tanfidz DPP PKB telah mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung Khofifah Indar Parawansah.

"PKB itu memang beda tapi Syuro-nya (Dewan Syuro) sudah 100 persen mendukung KarSa di Pilgub Jatim 2013 mendatang. Ini bukan Jawa Timur. Kalo Jatim hampir sama (antara Dewan Tanfidz dan Syuro-red)," kata Ketua Dewan Syuro PKB Jatim, KH Abdusalam Mujib ditemui di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, Senin (19/2/2013).

Ia juga mengaku, atas dukungan ke KarSa tersebut sudah disampaikan ke Ketua DPP Dewan Syuro agar disampaikan ke jajaran DPP PKB. Kiai asal Pasuruan ini juga mengaku, PKB tidak akan terbelah.

Ia menilai, meski DPP PKB telah mengeluarkan surat rekomendasi namun keputusan tersebut masih bisa diubah. Bahkan, ia menjamin, PKB tetap solid.

"Saya kira nggak lah (tidak terbelah-red), Tentunya, DPW sudah menyampaikan pernyataan dukungan atas sikap Dewan Syuro DPP PKB. Surat itu akan dikirimkan ke DPP," jelasnya.

Ia juga mengatakan, keputusan dewan syuro untuk mendukung KarSa ini selaras dengan pilihan para Kiai Khos di Jawa Timur. Artinya, para Kiai ini bertujuan untuk menciptakan Jawa Timur tetap kondusif. Kontribusi para kiai diperlukan untuk mewujudkan hal itu agar tidak terjadi gesekkan-gesekkan di masyarakat. Dengan penyatuan dukungan ini, diharapkan tidak ada fiksi-fiksi diantara kiai.

"Ya ada keinginan agar kiai-kiai ini meminta umatnya untuk mendukung KarSa. Harapannya itu pasti ada. Tapi yang penting meminta para kiai agar bersikap bijak. Seandainya ada yang beda dukungan agar kiai tidak mengadu antara masyarakat satu dengan yang lain. Tentunya para kiai-kiai pasti arif menyikapi hal ini," tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPP PKB telah mengeluarkan surat untuk penentuan calon kepala daerah atau wakil sesuai dengan PP PKB 02/2009. Dalam surat tersebut DPP PKB telah memutuskan bahwa Hj Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Gubernur Jawa Timur periode 2013-2018.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)