Muba tetapkan tanggap darurat banjir

Senin, 18 Februari 2013 - 17:52 WIB
Muba tetapkan tanggap darurat banjir
Muba tetapkan tanggap darurat banjir
A A A
Sindonews.com - Banjir besar yang melanda Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba menetapkan status tanggap darurat banjir.

Sementara itu, seluruh korban banjir di pengungsian sudah mendapat bantuan dari sembako hingga obat-obatan. BPBD sendiri sudah mengirim 41,4 ton beras ke pengungsian.

Kepala BPBD Kabupaten Muba, Rahman Zuber menuturkan saat ini Kabupaten Muba dalam kondisi tanggap darurat banjir. Hal ini akibat luapan sungai musi dan anak sungainya hingga merendam banyak kecamatan di Muba.

Untuk meringankan beban pengungsi, BPBD sudah memberikan bantuan kesejumlah daerah.

Untuk di Kecamatan Sanga Desa jelasnya, bantuan bencana banjir sudah dilakukan dua tahap yakni pada banjir pertama sebanyak 10 ton beras, 964 kaleng sarden, 360 dus mi instan dan 959 kg minyak goreng. Bantuan tahap II telah diberikan 31,4 ton beras, 2.719 kg minyak goreng, 954 dus mi instan dan 3164 kaleng sarden.

“Kita minta agar bantuan seluruhnya didistribusikan kepada warga sesegera mungkin. Jangan tunggu air surut. Kita tidak mau bantuan tersebut ditumpuk,” terang Rahman, Senin (18/2/2013).

Mengenai keluhan kesehatan warga akibat bencana banjir tersebut, Rahman menyarankan agar warga tak usah ragu ke poskesdes atau puskesmas terdekat karena sudah disiapkan sejumlah obat-obatan dan tenaga medis.

“Ada saja keluhan warga seperti sakit perut dan gatal-gatal. Namun puskesmas setempat sudah menyiapkannya,” terangnya.

Dari kecamatan Sanga Desa juga tengah mengupayakan alat penjernih air untuk korban pengungsi. Pasalnya, warga selain membutuhkan makanan, selimut juga air bersih dan penerangan yang cukup.

Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba juga melakukan berbagai upaya seperti telah menginstruksikan agar poskesdes dan puskesmas stand by 24 jam. Dan menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3332 seconds (0.1#10.140)
pixels