Pertambahan penduduk Riau mengkhawatirkan

Sabtu, 16 Februari 2013 - 11:53 WIB
Pertambahan penduduk Riau mengkhawatirkan
Pertambahan penduduk Riau mengkhawatirkan
A A A
Sindonews.com - Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mulai khawatir dengan pertambahan penduduknya yang mendekati angka satu juta pertahun. Ini terungkap dari hasil perekaman data E-KTP.

Saat melakukan sensus tahun 2012 lalu, tercatat penduduk Riau hanya 5.538.367 jiwa. Namun hasil perekaman e-KTP jumlah penduduk beranjak naik menjadi 6,4 juta jiwa.

Wakil Gubernur Riau Haji Raja Mambangmit mengatakan, laju pertumbuhan penduduk sekira 3,59 persen per tahun. Hal menjadikan Provinsi Riau menjadi peringkat 10 sebagai sebagai percepatan laju penduduk terbesar keempat di Sumatera.

Dia menambahkan, hal ini dikarenakan faktor migrasi penduduk dari daerah-daerah tetangga. Selain itu faktor meningkatnya laju penduduk dikarenakan tingginya angka kelahiran.

"Hasil Total Fertility Read (TFR) ialah 2,9 sedangkan pada tahun 2007 hanya 2,7. Ini menaik drastis," tandasnya saat ditemui dalam Rakornas upaya percepatan pencapaian MDGS bidang KB dan KR di Riau, Sabtu (16/2/2013).

Dia juga menambahkan, TFR menjadi pemangku kepentingan Provinsi Riau. Untuk menurunkan TFR seminim mungkin, tentunya hal ini adalah tugas bersama mulai dari pusat, provinsi, kabupaten kota, untuk menekan jumlah penduduk.

"Kami akan berikan kondom gratis untuk mengantisipasi kehamilan yang tidak diinginkan. Karena jumlah masyarakat yang memasang alat kontrasepsi jangka panjang hanya 8,5 persen," ujarnya.

Kedepannya Pemprov Riau kembali akan menggalakkan KB bersama Pemerintah pusat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4733 seconds (0.1#10.140)