Zero narkoba, Forpimda tes urine

Kamis, 14 Februari 2013 - 16:43 WIB
Zero narkoba, Forpimda tes urine
Zero narkoba, Forpimda tes urine
A A A
Sindonews.com - Forum pimpinan daerah (Forpimda) Sidoarjo menjalani tes urine di Mapolres Sidoarjo. Tes urine dilakukan mengawali pencanangan Zero Narkoba yang digalakkan jajaran Polres Sidoarjo.

Polres Sidoarjo mencanangkan Zero Narkoba di Sidoarjo, untuk memberikan pemahaman terhadap bahaya narkoba. Diantara Forpimda yang ikut tes urine, mulai Bupati Sidoarjo Saifullah, Wabup Sidoarjo MG Hadi Sutjipto, Ketua DPRD Sidoarjo Dawud Budi Sutrisno, Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki, Wakapolres Sidoarjo, Dandim 0816, Kajari Sidoarjo Sumardi dan Ketua PN Sidoarjo beserta jajarannya, Kapolsek, dan seluruh anggota Polres Sidoarjo.

Mereka mengambil sample urine di kamar mandi yang sudah disediakan. Kemudian, urine yang sudah diambil akan diuji laboratorium apakah Forpimda dan jajarannya menggunakan narkoba. Badan Narkotika Nasional (BNN) kemudian mengumumkan hasil tes urine pejabat di Sidoarjo itu.

"Hasil tes urine dari BNN, semua jajaran Forpimda hasilnya negatif," ujar Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki, Kamis (14/2/2013).

Marjuki menambahkan, pihaknya menggalakkan Zero Narkoba di wilayah Sidoarjo. Hal ini merupakan tindak lanjut Intruksi Presiden no 12 tahun 2011, terkait narkoba.

"Kita mulai dari Forpimda dulu menandai Zero Narkoba," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Marjuki juga menjelaskan jika Polres Sidoarjo menduduki peringkat kedua se Jatim dalam mengungkap narkoba, setelah Polda Jatim. Ini menunjukkan jika anggotanya berhasil mengungkap kasus narkoba yang ada di Sidoarjo.

Data yang diperoleh, selama tahun 2011 kasus narkoba yang ditangani Satnarkoba sebanyak 122 yang melibatkan 153 tersangka. Ironisnya, sebanyak delapan tersangka masih anak-anak. Sedangkan tahun 2012, kasus narkoba yang ditangani sebanyal 155 kasus atau 182 tersangka.

"Untuk tahun 2012, ada sebanyak 15 tersangka uang masih anak-anak," tandas Marjuki.

Usai tes urine, Bupati Sidoarjo SaifuIlah mengatakan kegiatan ini merupakan ide yang baik dan harus dilakukan rutin.

"Tidak hanya Forpimda saja. Tapi nantinya PNS juga akan dites narkoba dan tes HIV/Aids," ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5278 seconds (0.1#10.140)