Pulau Maratua akan punya bandara

Kamis, 14 Februari 2013 - 04:24 WIB
Pulau Maratua akan punya  bandara
Pulau Maratua akan punya bandara
A A A
Sindonews.com - Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kepulauan Derawan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terus melanjutkan upaya pembangunan bandara di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kaltim. Pada 2013 alokasi anggaran untuk bandara ini mencapai Rp15 milliar.

”Anggaran tersebut akan digunakan untuk pengerasan landasan pacu sepanjang 1.200 meter dengan lebar 32 meter, sehingga mampu didarati pesawat jenis Avions de Transport Regional (ATR) yang dapat mengangkut penumpang lebih banyak, yakni 30 hingga 50 orang,” kata Kepala Dinas Perhubungan Dishub Kaltim H Zairin Zain, Rabu (12/2/2013).

Pulau Maratua masuk ke dalam gugusan Kepulauan Derawan. Sejauh ini, Derawan memang menjadi salah satu destinasi wisata biota laut Indonesia dan terkenal hingga ke mancanegara. Banyak titik menyelam yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan bawah laut.

Zairin menjelaskan, saat ini pembangunan bandara dalam tahap menyelesaikan pematangan lahan. Lokasi Bandara kondisinya bebatuan karang, sehingga untuk proses pengerasan tidak terlalu banyak dan pengerjaan tinggal dilanjutkan dengan pengerasan pasir dan batu.

Selain biaya pembangunan dari APBD, Pemprov Samarinda juga berusaha mendapatkan pendanaan melalui APBN-Perubahan 2013 atau paling tidak bisa dibantu melalui APBN 2014. Sedangkan untuk pembangunan terminal kedatangan dan keberangkatan akan dilakukan Pemkab Berau.

Keberadaan Bandara Maratua, selain mendongkrak industri pariwisata bahari, juga meningkatkan akses transportasi, mendukung berkembangnya sektor wisata bahari dan pemerataan di kawasan perbatasan dan pedalaman serta untuk pertahanan di kawasan pulau terluar karena dapat didarati pesawat militer jenis Hercules untuk menjaga kedaulatan NKRI.

“Pembangunan Bandara di kawasan perbatasan merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda karena merupakan sarana penting di seluruh Kaltim,” katanya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0130 seconds (0.1#10.140)
pixels