Antisipasi kecurangan, Khofifah siapkan software

Selasa, 12 Februari 2013 - 20:23 WIB
Antisipasi kecurangan, Khofifah siapkan software
Antisipasi kecurangan, Khofifah siapkan software
A A A
Sindonews.com - Menghadapi pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2013, Khofifah Indar Parawansah menyiapkan software untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan daftar pemilih tetap (DPT). Maklum saja, Khofifah waspada karena pernah dicurangi pada Pilgub sebelumnya.

"Dulu kita khan tidak sempat melakukan antsisipasi. Ternyata Masya Alloh betapa sistemiknya kecurangan Pilgub 2008," ujar Ketua Muslimat NU usai seminar nasional 'Tantangan Koperasi Dalam menghadapai ASEAN' di Hotel Utami, Selasa (12/2/2013).

Ia mengaku baru mengetahui ternyata ada kecurangan dalam DPT setelah selesainya Pigub putaran ketiga di Bangkalan dan Sampang.

Saat ini, untuk mengantisipasi hal itu, tim-nya telah menyiapkan software. Software tersebut, terbukti efektif untuk mengawal DPT agar tetap valid seperti yang terjadi di Jawa Tengah.

"Sistem IT yang memang sudah bisa untuk melakukan kroscek. Kira-kira data pemilih ini cocok atau tidak. Dulu kan banyak dalam DPT ada orang yang lahir pada tahun 2045," katanya.

Kemudian nama Rohli, lanjutnya, bisa sampai delapan ribu orang lebih dalam satu kabupaten.

Sampai hari ini, Khofifah mengaku prihatin dengan apa yang terjadi dalam pilgub 2008 lalu.

Meski demikian, Khofifah mengaku tidak terburu-buru untuk segera melakukan deklarasi.

"Nanti lah. Soal deklarasi khan tidak masuk dalam agenda KPU. Sabar dulu ya," ujar mantan Menteri Pemberdayaan Wanita era Presiden KH Abdurrahman Wahid.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9548 seconds (0.1#10.140)