Kabupaten Pangandaran diresmikan Maret

Minggu, 10 Februari 2013 - 01:30 WIB
Kabupaten Pangandaran diresmikan Maret
Kabupaten Pangandaran diresmikan Maret
A A A
Sindonews.com – Kabupaten baru yakni Pangandaran segera diresmikan. Saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Ciamis, Jawa Barat sudah menyiapkan staf Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan berdinas di kabupaten baru itu.

Sedikitnya 475 PNS disiapkan untuk menduduki jabatan struktural di Daerah Otonom Baru (DOB) Pangandaran itu. Dalam waktu dekat, di daerah tersebut juga segera dilakukan peresmian dan pelantikan Pejabat Bupati Pangandaran.

Kepala Bagian Organisasi Pemda Ciamis Dede Suparman menjelaskan, sudah dipastikan setelah Kabupaten Pangandaran terbentuk untuk tahap awal saat dilantik pejabat Bupati Pangandaran, sediktitnya harus sudah disiapkan ada 10 dinas dua asisten, dua badan, dan dua kantor.

“Untuk mengisi jabatan di 10 dinas itu, sudah disiapkan 475 PNS. Terdiri dari eselon II hingga IV. Untuk saat ini, jabatan struktural DOB Pangandaran tanpa staf ahli Bupati,” terang Dede, Sabtu (9/2/2013).

Dede menjelaskan, dari 475 PNS yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan struktural, sebanyak 336 diantrannya sudah ada di wilayah Pangandaran, kekuranganyan sekitar 139 diambil dari Kabupaten Induk yaitu pejabat dari Kabupaten Ciamis.

“Akibat terbentuknya dinas dan terambilnya jabatan struktural untuk wilayah Pangandaran, secara otomatis mempengaruhi komposisi SKPD dan jabatan di kabupaten Induk Ciamis,” terang Dede.

Setelah dilakukan koreksi nanti, diperkirakan jumlah SKPD di Kabupaten Induk Ciamis diperkirakan hanya tinggal tersisa 12 dinas, tujuh badan, tiga kantor, tiga asisten dan satu setwan.

“Salah satu dinas yang akan terkoreksi yaitu Dinas Kelautan, sementra bidang perikanannya akan bersatu ke dinas satu rumpun antra Dinas Pertanian atau Peternakan. Dinas lainya, Budpar juga berkemungkinan terkoreksi, untuk bidang ekonomi kreatif akan diambil ke dinas satu rumpun,” beber Dede.

Badan atau kantor lain yang akan ikut terkoreksi, lanjut Dede, BP4K dan Ketahanan Pangan juga akan ikut terkena dampak. Sementara Dinkes, Disdik akan melakukan penyesuaian mengingat akan dilakukan pengabungan kembali bidang kebudayaan di Disdik.

“Untuk Pangandaran ada beberapa dinas untuk sementara masih digabung, seperti Perhubungan dengan Pariwisata, karena perhubungannya masih kecil,” terang Dede.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8072 seconds (0.1#10.140)
pixels