Sibolga diguncang gempa 5,3 SR

Kamis, 07 Februari 2013 - 18:16 WIB
Sibolga diguncang gempa 5,3 SR
Sibolga diguncang gempa 5,3 SR
A A A
Sindonews.com - Dua pasca gempa di Kabupaten Solok, Kota Sibolga juga digoyang gempa berkekuatan 5,3 skala richter (SR). Hingga kini Pemerintah Kota Sibolga, Sumatera Utara belum menginventarisir kerusakan akibat gempa tersebut.

Dari data yang diterima SINDO dari pusat data gempa BMKG, pusat gempa berada dekat dengan kota Sibolga berada di lokasi 1.45 Lintang Utara (LU) dan 98.82 Bujur Timur (BT) atau 29 Kilometer sebelah tenggara Sibolga-Sumut di kedalaman 84 kilometer.

"Sejauh ini, kita belum menerima laporan ada tidaknya fasilitas umum milik pemerintah atau milik masyarakat yang mengalami kerusakan," kata Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Sibolga, Srasamaluddin ketika dihubungi SINDO, Kamis (7/2/2013).

Srasamaluddin tidak dapat dapat memastikan soal pergeseran titik gempa yang semakin mendekati wilayah Sibolga ini. Namun dia menegaskan sembari berharap kepada masyarakat supaya waspada.

Terkait titik gempa yang mulai mendekati kota Sibolga, Sekretris PMI Cabang Sibolga, Kartika Syahputra sebelumnya menerangkan, bahwa wilayah kota Sibolga bersama beberapa daerah sekitar lainnya merupakan bagian dari ring of fire (cincin api).

“Wilayah kita ini memang bagian dari ring of fire karena termasuk daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi. Dan bagaimana ini nantinya, kita tidak tahu kedepannya,” ungkapnya.

Berdasarkan data Wikipedia, pulau Sumatera merupakan kawasan episentrum (pusat kegiatan) gempa bumi karena dilintasi oleh patahan kerak bumi di sepanjang bukit barisan yang disebut patahan sumatera danpatahan kerak bumi di dasar Samudera Hindia disepanjang lepas pantai sisi barat Sumatera.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7310 seconds (0.1#10.140)