4 Lilin 1.000 kati ramaikan imlek di Ciamis

Kamis, 07 Februari 2013 - 14:56 WIB
4 Lilin 1.000 kati ramaikan...
4 Lilin 1.000 kati ramaikan imlek di Ciamis
A A A
Sindonews.com - Suasana tahun baru Imlek di Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis, yang berada di Jalan Pemuda, Ciamis, kali ini akan dirasakan lebih khidmat oleh warga keturunan yang akan melakukan sembahyang selama 10 hari di Kelenteng Hok Tek Bio.

Pasalnya, dalam imlek kali ini sedikitnya ada empat buah lilin berukuran raksasa dengan bobot 1.000 kati sudah siap mengiringi perayaan imlek. Ukurannya yang besar dengan warna merah menyala, membuat suasana Hok Tek Boi nampak lebih hidup.

“Dengan hadirnya empat buah lilin berukuran 1.000 kati di Hok Tek Bio akan memberikan nuansa berbeda dibanding imlek tahun sebelumnya,” kata Duren (39), seorang pengelola Kelenteng Hok Tek Bio ditemui di sela persiapan imlek, Kamis (7/2/2013).

Menurut Duren, baru imlek kali ini di Kelenteng Hok Tek Bio ada lilin berukuran raksasa, jumlahnya ada empat buah. Harga lilin ini, lanjut dia, dikabarkan sangat mahal harganya setara dengan harga satu buah motor mio.

“Harganya berkisar sekitar Rp12 hingga Rp14 juta,” tambah Duren.

Menurut Duren, empat buah lilin berukuran besar itu disumbangkan dua orang pengusaha yang tercatat sebagai umat di Hok Tek Bio. Dulu, tidak pernah ada pengusaha yang sangup membeli lilin berukuran 1.000 kati untuk disimpan di kelenteng. Kebanyakan yang menyumbang lilin berukuran 100 kati saja.

“Pengusahanya, pengusaha lokal ciamis yang bergerak dalam usaha pembuatan triplek di wilayah Pamarican Ciamis,” kata Duren.

Duren menambahkan, untuk satu lilin berukuran 1.000 kati, setelah dinyalakan tidak akan padam selama enam bulan lamanya. Karena ada empat buah, yang sudah dinyalakan baru dua buah, dua buah lagi akan dinyalakan belakangan.

“Sore ini juga direncanakan akan datang ratusan lilin berukuran 100 kati, untuk menambah kemeriahan dan suasana khidmat imlek di Hok Tek Bio Ciamis,” terang Duren.

Selain akan berlangusng sembahyang oleh seluruh umat warga keturunan yang ada di wilayah Ciamis, pada Sabtu-Minggu (9-10/3) mendatang juga akan digelar perayaan Cap Go Meh, selain digelar pawai. Rencananya, saat cap Go Meh nanti akan ada nuansa berbeda.

“Kami akan menggelar wayang golek di depan Kelenteng Hok Tek Bio tidak jauh dari pusat keramaian Ciamis Mall (Ci-Mall),” pungkas Duren.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)