Puting beliung terjang 229 rumah di Sukoharjo

Kamis, 07 Februari 2013 - 09:06 WIB
Puting beliung terjang 229 rumah di Sukoharjo
Puting beliung terjang 229 rumah di Sukoharjo
A A A
Sindonews.com - Angin putting beliung menerjang Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Angin tersebut merusak rumah warga dan merusak fasilitas, seperti listrik, dan jalan.

Sedikitnya 229 rumah diterjang angin putting beliung, Rabu petang. Kerusakan rumah akibat cuaca buruk ini menyebabkan rumah mengalami rusak berat dan ringan. Angin ini juga merusak jaringan listrik akibat tertimpa pohon.

Di Kecamatan Kartasura misalnya, diketahui 93 rumah rusak berat dan ringan, di Desa Gumpang 72 rusak, dan di Pabelan 21 rumah rusak.

Di wilayah selatan Kecamatan Baki, yakni di Desa Purbayan, ada 75 rumah rusak, Desa Siwal 48 rumah, dan di Gentan ada 13 rumah rusak. Sebagian besar kerusakan ada pada genting dan atap rumah mereka yang beterbangan.

Menurut Parno Pandoyo, warga Gentan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, kejadian ini sangat mendadak. Pada Rabu malam, menurutnya, tiba-tiba angin datang dengan pusaran. Hanya dalam kurun waktu tiga menit, ratusan rumah sudah rusak.

"Waktu kejadian padahal tidak turun hujan, namun setelah setelah angin reda, baru hujan lebat mengguyur," jelas Parno di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (7/2/2013).

Berdasarkan pantauan di lapangan, saat ini para warga tengah melakukan kerja bakti membetulkan fasilitas umum, rumah, dan membersihkan barang-barang mereka. Sementara aliran listrik di beberapa tempat belum dipebaiki.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0069 seconds (0.1#10.140)