Rp2,7 miliar dikucurkan untuk jamin kesehatan warga miskin

Sabtu, 02 Februari 2013 - 01:54 WIB
Rp2,7 miliar dikucurkan untuk jamin kesehatan warga miskin
Rp2,7 miliar dikucurkan untuk jamin kesehatan warga miskin
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 27.399 warga miskin di Kabupaten Kudus bisa bernafas lega. Sebab, mulai tahun ini mereka bisa berobat gratis hanya dengan bermodal kartu sehat yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

Bupati Kudus Musthofa menyerahkan secara simbolis kartu sehat kepada sembilan warga di aula Puskesmas Sidorekso kecamatan Kaliwungu. Para warga tersebut merupakan perwakilan dari penerima kartu sehat yang tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kudus.

“Dana yang kita kucurkan untuk menjamin layanan kesehatan puluhan ribu warga kurang mampu ini sebesar Rp2,7 miliar,” kata Musthofa, di Kudus, Jawa Tengah, Jumat (2/1/2013).

Menurut Musthofa, keberadaan kartu Kudus Sehat ini merupakan langkah terobosan jajarannya untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terlebih di bidang kesehatan.

Dengan berbekal kartu tersebut, masyarakat akan semakin dipermudah karena tak perlu lagi repot mengurus administrasi saat membutuhkan layanan kesehatan. “Kuncinya mempermudah pelayanan itu. Sebab kesehatan yang layak namun gratis memang menjadi hak mereka,” ujarnya.

Di sela-sela penyerahan Kartu Kudus Sehat tersebut, juga digelar penandatanganan MoU antara Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dengan perwakilan bidan terkait pelayanan Jaminan Persalinan (Jampersal).

Dengan memorandum of understanding (Mou) tersebut, maka kini pelayanan Jampersal bisa dilakukan oleh bidan setempat, tidak harus oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau rumah sakit.

“Sekali lagi, dengan langkah ini masyarakat juga kian dimudahkan urusannya. Kalau mau melahirkan biayanya gratis dan tidak harus mengurus ini itu dan lain sebagainya,” paparnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7392 seconds (0.1#10.140)