Kotak suara Pilgub Papua dijaga ketat

Kamis, 31 Januari 2013 - 14:11 WIB
Kotak suara Pilgub Papua dijaga ketat
Kotak suara Pilgub Papua dijaga ketat
A A A
Sindonews.com - Pasca pencoblosan Pilgub Papua dua hari lalu kondisi relatif aman. Namun sebagian besar kotak-kotak suara masih dijaga oleh aparat keamanan selama 24 jam penuh. Rencananya surat suara akan direkapitulasi pada 8 Februari 2013 mendatang, menunggu hasil rekap dari daerah pegunungan.

Seluruh kotak-kotak sudah masuk ditingkat distrik, khususnya di Distrik Sentani Kota. Ada 88 kotak surat suara masih tersimpan di Gedung Tabita yang penjagaannya sangat ketat.

Aparat kepolisian dan petugas PPD menjaga kotak tersebut selama 24 jam yang bergantian tiap enam jam.

Petugas pantas bersikap waspada, karena sebelumnya di Tolikara tepatnya di Kampung Gilobandu, Distrik Gilobandu, Hosea Karoba anggota DPRD Kabupaten Tolikara tewas saat hendak melakukan pencoblosan karena dikeroyok pendukung kandidat lain.

Selain itu di Kelurahan Ardipura, Distrik Jayapura Selatan, 33 kotak suara disandera oleh petugas KPPS karena honornya belum dibayar oleh ketua KPU Papua.

Ketua PPD Sentani, Klemens Taime menuturkan bahwa dirinya yang dibantu petugas dari kepolisian harus menjaga kotak suara 24 jam.

"Kami diperintah untuk menjaga ketat kotak suara hingga rekapitulasi dilakukan," terangnya di Gedung Tabita, Jayapura, Kamis (31/1/2013).

Saat ini, lanjutnya, ada 88 kotak suara di Gedung Tabita yang menjadi tanggungjawab petugas keamanan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5082 seconds (0.1#10.140)