KPPS Jayapura 'sandera' hasil Pilkada Papua

Rabu, 30 Januari 2013 - 17:48 WIB
KPPS Jayapura sandera hasil Pilkada Papua
KPPS Jayapura 'sandera' hasil Pilkada Papua
A A A
Sindonews.com - Karena honor mereka belum dibayar, Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di 33 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di distrik Jayapura Selatan menahan hasil pemungutan suara dalam Pemilihan GUbernur Papua.

Sejak Rabu (30/1/2013) pagi, 33 kotak suara yang berisi kertas suara hasil Pilgub masyarakat di Kelurahan Ardipura masih berada di kantor kelurahan di Distrik Jayapura Selatan itu.

Selain itu, 33 anggota KPPS juga ikut menjaga seluruh surat suara tersebut agar tidak dibawa kemana-mana. Bahkan rencananya mereka akan bermalam untuk mendampingi dan menjaga keamanan kotak-kotak yang terisi hasil pemungutan suara.

Mereka terpaksa menahan hasil rekapitulasi tersebut akibat honor mereka belum dibayar oleh KPU Papua. Besarnya honor yang harusnya mereka terima adalah Rp2,7 juta serta uang makan Rp243 ribu.

Mereka mengancam tidak akan merekap hasil suara jika tuntutannya belum dipenuhi oleh KPU Papua. Bahkan mereka siap akan bermalam sampai kapanpun sehingga kotak-kotak suara terjaga dengan aman.

Menurut Ketua KPPS Kelurahan Argapura, Yordan Runtuboy, mereka tidak akan mengadakan rekapitulasi suara dan tidak akan menyerahkan hasil suara ke tingkat distrik.

Sementara, Ketua KPU Papua, Beni Suweny mengatakan, honor kpps telah dialokasi ke KPU kabupaten/kota. Seharusnya KPU Kota Jayapura dapat menyelesaikan proses pembayarannya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5487 seconds (0.1#10.140)