Pemkab Garut siapkan Rp8 M untuk Jamkesos

Senin, 28 Januari 2013 - 09:48 WIB
Pemkab Garut siapkan Rp8 M untuk Jamkesos
Pemkab Garut siapkan Rp8 M untuk Jamkesos
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut anggarkan Rp8 miliar untuk program Jaminan Kesehatan Sosial (Jamkesos). Anggaran tersebut, ditujukan bagi pelayanan kesehatan warga Garut yang tidak mampu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Iman Alirahman mengatakan, dana Jamkesos berasal dari APBD Kabupaten Garut. Dana ini, setidaknya akan digunakan untuk menjamin kesehatan warga kurang mampu yang belum terjamin oleh layanan Jamkesmas dan Jamkesda.

"Program ini dikelola RSUD dr Slamet Kabupaten Garut. Jadi, nanti tidak ada alasan lagi warga miskin yang tidak ter-cover Jamkesmas dan Jamkesda, tidak bisa berobat di rumah sakit," kata Iman ketika dihubungi, Senin (28/1/2013).

Jamkesos, lanjut dia, tidak dipublikasikan secara optimal karena hanya digunakan untuk masa gawat darurat dan bagi warga kurang mampu. Ia khawatir akan terjadi kekacauan dalam pendaftaran, bila Jamkesos ini dipublikasikan.

“Pokoknya, sekarang ini masyarakat miskin yang tidak masuk ke dalam Jamkesmas dan Jamkesda akan terlayani kesehatannya. Kami tanggung semua,” ucapnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut Ade Rusiyana menjelaskan, dari sekitar 2,7 juta warga Garut, sebanyak 1.137.063 jiwa adalah warga kurang mampu yang mendapat layanan Jamkesmas.

“Sedangkan 147.001 warga mendapat Jamkesda. Jadi masih ada warga miskin yang belum masuk ke dalam dua layanan itu (Jamkesmas dan Jamkesda). Makanya, layanan Jamkesos diperuntukan untuk mereka,” ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1842 seconds (0.1#10.140)