Bayi baru lahir dibuang di halaman RSUD Sidoarjo

Kamis, 24 Januari 2013 - 18:02 WIB
Bayi baru lahir dibuang di halaman RSUD Sidoarjo
Bayi baru lahir dibuang di halaman RSUD Sidoarjo
A A A
Sindonews.com - Bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo. Diduga, bayi yang baru saja lahir itu sengaja dibuang dengan dimasukkan ke dalam kardus air mineral.

Sejauh ini, kondisi bayi dalam keadaan sehat dan masih dirawat oleh petugas medis rumah sakit milik Pemkab Sidoarjo itu. Pihak rumah sakit juga sudah melaporkan penemuan bayi itu ke Polsek Sidoarjo, Jawa Timur, untuk ditindaklanjuti.

Bayi mungil yang tali pusarnya masih melekat itu ditemukan oleh Nasirun 25, petugas cleaning service rumah sakit. Sekira pukul 05.00 WIB, warga Desa Pologunting, Kecamatan Tanggulangin itu sedang membersihkan bunga di depan pintu masuk gedung utama RSUD Sidoarjo.

Samar-samar Nasirun mendengar suara tangis bayi dari arah tumpukan sampah di halaman rumah sakit. Dia kemudian mencari arah suara bayi itu, ternyata bayi itu berada di dalam kardus air mineral. Dalam kardus tersebut juga terdapat sebuah dot berisi susu, selendang, pakaian bayi, lima pembalut bayi dan sebungkus sisa susu bubuk.

Nasirun kemudian melaporkan penemuan bayi itu ke pihak rumah sakit. Bayi yang masih merah itu kemudian dibawa ke instalasi rawat anak untuk mendapat perawatan lebih lanjut. "Bayi ini tali pusarnya belum lepas," kata Emy Puspitasari, petugas yang merawat bayi tersebut, di RSUD Sidoarjo, Kamis (24/1/2013).

Bayi itu memiliki berat 3,1 kg dan panjang 50 cm dan kondisinya sehat. Pihak rumah sakit masih menempatkan bayi tersebut di ruangan khusus dan dipantau selama 24 jam. Hal ini untuk memastikan jika kondisi bayi benar-benar sehat.

Humas RSUD Sidoarjo, Ahmad Zainuri mengatakan berdasarkan laporan yang diperokeh dipastikan jika bayi itu bukan pasien rumah sakit. Sebab, bayi itu tidak ada tanda-tanda khusus seperti bayi yang dilahirkan di rumah sakit.

"Bayi itu sepertinya sengaja ditaruh di halaman rumah sakit," ujarnya.

Sejauh ini, Polsek Sidoarjo sudah mendapat laporan penemuan bayi yang diduga ssngaja dibuang oleh ibunya. Petugas juga sudah memintai keterangan beberapa saksi. "Kita masih menyelidiki penemuan bayi itu," ujar Kapolsek Sidoarjo Kompol Mujiono.

Untuk sementara waktu, bayi tersebut akan dirawat di RSUD Sidoarjo untuk memastikan kondisi kesehatannya. Selanjutnya, bayi akan diserahkan ke Dinas Sosial untuk dirawat di Panti Sosial Anak dan Balita di Sidoarjo.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5693 seconds (0.1#10.140)