Keraton Solo bagikan 1.000 telur asin

Rabu, 23 Januari 2013 - 22:34 WIB
Keraton Solo bagikan 1.000 telur asin
Keraton Solo bagikan 1.000 telur asin
A A A
Sindonews.com - Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, kerabat keraton, Abdi Dalem, dan Sentana Dalem membagi-bagikan telur amal atau asin, kinang, di Bundaran Gladak, Solo, Jawa Tengah.

Dengan di kawal Prajurit Prawiro Anom, kerabat keraton membagi-bagikan seribu telur asin dan kinang kepada warga yang kebetulan melintas di Jalan Slamet Riyadi dan Bundaran Gladag.

Telur asin dalam bahasa Jawa dikenal dengan ndok amal atau bermakna bahwa manusia seharusnya beramal dengan ikhlas yang dilambangkan dengan telur.

Sedangkan kinang diartikan untuk mengajak warga selalu mengingat Tuhan. Kinang yang berisi kapur sirih, daun sirih, dan tembakau sehingga rasanya beragam, ini melambangkan meski pahit getir kehidupan kita harus tetap bersyukur dan mengingat Tuhan.

Selain menyambut Maulid Nabi, pembagian ini adalah untuk menjauhkan dari marabahaya seperti bencana alam. Karena dimaknai bencana alam datangnya dari ulah manusia itu sendiri dan harus beramal.

"Bencana alam itu sebenarnya karena ulah manusia juga, kami hanya ingin saling mengingatkan mengenai bencana tersebut," Satriyo, kerabat keraton saat membagi-bagikan telur dan kinang, Rabu (23/1/2013).

Hanya dalam hitungan kurang dari setengah jam, seribu telur asin dan kinang sudah habis dibagikan kepada pengguna jalan.

Rita warga asal Padang mengaku senang mendapat telur dari Keraton Solo, dan akan dimakan agar mendapatkan berkah.

"Senang banget dapat telur karena tidak mungkin setiap tahun saya ada di Solo," ujar Rita yang sedang berwisata di keraton ini.

Setelah selesai membagi-bagikan telur, para Sentana dan Abdi Dalem keraton kembali ke Keraton Kasunanan Surakarta, yang dikawal oleh prajurit keraton berpakaian lengkap.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0160 seconds (0.1#10.140)