Grebeg Maulud Yogyakarta, 4 jalan utama ditutup

Rabu, 23 Januari 2013 - 10:02 WIB
Grebeg Maulud Yogyakarta, 4 jalan utama ditutup
Grebeg Maulud Yogyakarta, 4 jalan utama ditutup
A A A
Sindonews.com - Pemerintah kota (pemkot) Yogyakarta akan melakukan penutupan empat ruas jalan protokol di sekitar Keraton Yogyakarta saat pelaksanaan Grebeg Maulud, Kamis 24 Januari 2013, besok.

Empat ruas jalan itu, yakni Jalan Malioboro, KHA Dahlan, Suryotomo dan Sultan Agung. Penutupan akan berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Selama penutupan arus lalu lintas akan dialihkan melalui ruas jalan yang ada di sekitar jalan protokol itu.

Kepala bidang (Kabid) Operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Yogyakarta Udiyono mengatakan, selain untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan, penutupan ini juga karena ruas jalan itu akan digunakan untuk membawa dua buah Gunungan dari Keraton Yogyakarta menuju Kompleks Kepatihan dan Puro Pakualaman.

Udiyono menjelaskan, ruas jalan Malioboro akan ditutup mulai depan Malioboro Mall, sehingga arus lalulintas dari arah utara dialihkan ke arah timur melewati Jl Perwakilan. Ruas jalan KHA Dahlan akan ditutup dari pertigaan RS PKU Muhammadiyah arus lalulintas dari arah barat dilihkan ke utara melewati Jl Bhayangkara.

Ruas Jalan Suryotomo akan ditutup di perempatan Suryatmajan dan arus lalu lintas dialihkan kea rah timur melewati JL Juminahan dan Jl Sultan Agung akan ditutup di perempatan Pasar Sentul.

“Sementara arus lalulintas dari arah selatan dan timur dialihkan ke utara melewati Jl Dr Sutomo,” jelasnya.

Menurut Udiyono, gunungan yang dibawa ke Kompleks Kepatihan akan melewati rute dari Alun-Alun Utara-Jl Trikora-Jl Jendral A. Yani- Jl Malioboro Kepatihan. Gunungan ke Puro Pakualaman akan melewati rute dari Alun-Alun Utara-Jl Trikora-Jl Senopati dan berakhir di Kompleks Puro Pakualaman. Gunungan itu nantinya untuk diperebutkan warga di tempat tersebut,” katanya, Rabu (23/1/2013).
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6146 seconds (0.1#10.140)