Ratusan tahanan tak kenal kandidat Pilgub Jabar

Senin, 21 Januari 2013 - 20:57 WIB
Ratusan tahanan tak kenal kandidat Pilgub Jabar
Ratusan tahanan tak kenal kandidat Pilgub Jabar
A A A
Sindonews.com - Sebanyak kurang lebih 300 orang atau setengahnya dari 641 orang penghuni LP Nyomplong, Kota Sukabumi, mengaku belum mengenal para kandidat yang akan maju di pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) pada 24 Februari 2013 mendatang.

Hal ini terungkap dalam kegiatan sosialisasi pilkada dan pilgub yang di gelar KPU Kota Sukabumi di LP Nyomplong, hari ini. Para penghuni berstatus narapidana maupun tahanan itu umumnya hanya mengenal kandidat yang berasal dari kalangan artis saja karena kerap tampil di televisi.

Kepala LP Kelas II B Nyomplong, Kota Sukabumi Muhamad Latfi Safiudin mengatakan, sejauh ini para penghuni LP tidak hanya belum mengenal sosok kandidat pilgub maupun pilkada saja, tapi juga belum mengetahui visi misi kandidat. Padahal mereka memiliki hak pilih untuk menentukan calon pemimpinannya kelak.

“Dari total jumlah penghuni yang ada di LP ini sebanyak 641 orang, diperkirakan sekitar 50 persen belum mengenal sosok maupun visi misi kandidat yang akan berlaga di pilgub maupun pilkada. Diharapkan dengan adanya pembagian pamvlet oleh KPU ini mereka akan lebih mengetahuinya sehingga bisa menentukan calon pemimpinan daerahnya,” ungkap Lutfi, Senin (21/1/2013).

Sementara itu, Anggota KPU Kota Sukabumi Agus Firmansyah mengatakan, pada penyelenggaraan pilkada dan pilgub nanti, akan dibuka dua tempat pemungutan suara (TPS) di lokasi LP. Kedua tempat pemungutan tersebut akan digunakan untuk menyalurkan suara bagi pemilih LP yang berjumlah 641 orang.

“Jumlah hak pilih di LP ini mencapai 641 orang dengan rincian 118 orang warga kota yang akan menggunakan hak pilihnya di pilkada maupun pilgub. Sedangkan sisanya yakni sebanyak 523 orang merupakan warga kabupaten yang hanya akan memilih pada pilgub saja. Mereka akan menyalurkan hak suaranya di dua TPS,” katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8554 seconds (0.1#10.140)