Gagal lelang, surat suara akan dibungkus plastik

Jum'at, 18 Januari 2013 - 21:16 WIB
Gagal lelang, surat suara akan dibungkus plastik
Gagal lelang, surat suara akan dibungkus plastik
A A A
Sindonews.com - Selain gagal lelang surat suara Pilgub Jabar 2013, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar juga gagal melelang pengadaan sampul surat suara. Sampul atau amplop ini fungsinya untuk mewadahi surat suara.

Ketua Divisi Hukum KPU Jabar Teten Setiawan mengatakan, lelang sampul surat suara tersebut gagal karena tidak ada perusahaan yang sanggup mengadakan sampul surat suara.

"Sampul surat suara gagal lelang karena tidak ada yang sanggup. Cuman dua perusahaan yang daftar lelang pengadaan sampul," kata Teten, di Kantor KPU Jabar, Jumat (18/1/2013).

Menurut Teten perusahaan sampul surat suara tidak menyanggupi karena teknis pembuatan sampul dilakukan secara manual. Sehingga sulit mengerjakan sampul-sampul untuk mewadahi sekira 32 juta lembar surat suara (mengacu pada jumlah DPT Pilgub Jabar sekira 32 juta).

"Karena jarang ada mesin yang bisa ngelem sampul. Pengeleman harus dikerjakan tangan," katanya.

Untuk itu, masalah gagal lelang sampul dan gagal lelang surat suara ini akan disampaikan KPU ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) di Jakarta.

Kepada LKPP, KPU akan menyampaikan, bahan dan bentuk sampul surat suara disederhanakan. Misalnya sampul memakai plastik, karena fungsinya sama supaya surat suara tidak cerai.

Diharapkan, masalah pengadaan surat suara dan sampulnya ini bisa segera diputuskan setelah KPU berkonsultasi ke LKKP.

"Target kami lebih cepat lebih baik. Mudah-mudahan Senin nanti akan ada gambaran," harap Teten.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5180 seconds (0.1#10.140)