Kapal Sibolga dibakar karena pakai pukat harimau

Jum'at, 18 Januari 2013 - 16:18 WIB
Kapal Sibolga dibakar karena pakai pukat harimau
Kapal Sibolga dibakar karena pakai pukat harimau
A A A
Sindonews.com - Kapal nelayan asal Sibolga, Sumatera Utara yang dibakar warga Aceh Selatan diduga karena melanggar perjanjian yang disepakati antar pemuka adat laut dan nahkoda kapal.

"Itu aksi spontan masyarakat, bukan dari provokator," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Selatan AKP Agung Gima Sunarya, kepada Sindo, Jumat (18/1/2013).

Menurut Agung, akhir tahun lalu kapal tersebut tertangkap nelayan setempat menggunakan pukat harimau. Nahkoda sudah menandatangani perjanjian tidak menggunakan pukat harimau lagi.

"Nah mereka tertangkap lagi menggunakan pukat harimau, padahal sudah tandatangan perjanjian atas materai 6000," jelas Agung.

Menurut Agung, satu dari dua kapal digelandang warga ke tengah laut, lalu dibakar. Menurutnya warga membawa ke tengah laut agar rumah warga tidak terbakar. Sementara 23 orang Anak Buah Kapal (ABK) termasuk nahkoda kapal lalu di bawa ke Polsek Labuhan Haji Tengah dimintai keterangan.

"Ada warga yang menangkap mereka menggunakan pukat harimau," jelas Agung.

Namun, lanjut Agung, 18 orang ABK sudah dilepaskan tadi pagi. Pihak polisi mengaku tidak mengetahui keberadaan nelayan yang sudah dilepaskan.

"Polisi berwenang 1x24 jam menahan untuk penanganan kasus. Nahkoda dan ABK lain masih ditahan." jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5526 seconds (0.1#10.140)
pixels