Warga Garut diimbau tak panik

Rabu, 16 Januari 2013 - 15:42 WIB
Warga Garut diimbau tak panik
Warga Garut diimbau tak panik
A A A
Sindonews.com - Menyikapi maraknya kematian bebek di Kabupaten Garut, masyarakat diimbau untuk tidak panik. Karena sejauh ini belum ditemukan kasus flu burung yang menular ke manusia di Garut.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut Dede Rohmansyah mengimbau agar masyarakat tidak panik dapat menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kandang.

“Sejauh ini, belum ada kasus manusia terjangkit atau tertular karena penyakit yang menyerang unggas," katanya ketika dihubungi, Rabu (16/1/2013).

Dalam kasus flu burung, lanjutnya, manusia yang tertular biasanya menunjukan gejala awal pada saluran pernafasannya. Bila pun ada di sejumlah puskesmas atau rumah sakit, itu bukan dikarenakan oleh penyakit tetelo apalagi flu burung, melainkan karena perubahan cuaca ekstrim.

Agar mudah didata dan ditangani secara cepat, Dede pun menyarankan masyarakat untuk segera melapor ke instansi terdekat, seperti desa dan kecamatan. Dengan demikian, nilai kerugian yang akan mendera masyarakat dapat ditekan.

“Bangkai unggas yang mati mendadak jangan dibuang sembarangan apalagi sampai dimakan. Harus dibakar dalam lubang lalu dikubur,” pesannya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6573 seconds (0.1#10.140)