Flu burung di Majalengka negatif

Senin, 14 Januari 2013 - 17:44 WIB
Flu burung di Majalengka negatif
Flu burung di Majalengka negatif
A A A
Sindonews.com - Dugaan Flu burung yang terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Majalengka diketahui tidak terbukti.

Hasil uji lab sampel yang dikirimkan oleh Dinas Kehutanan Perkebunan dan Peternakan (Hutbunak) Kabupaten Majalengka ke Laboratorium Veteriner Bandung beberapa waktu lalu menyebutkan kalau negatif.

Kabid Peternakan Hutbunak, Hari Imam mengatakan dari hasil uji lab tersebut diketahui bahwa ayam yang mati mendadak tersebut disebabkan penyakit yang tidak berbahaya. Maraknya kasus kematian ayam tersebut, jelas dia terjadi seiring dengan datangnya musim hujan yang dinilai rawan terhadap kesehatan unggas.

“Hasilnya negatif (flu burung). Kematian ayam tersebut diantaranya disebabkan tetelo dan ini tidak berbahaya seperti halnya flu burung,” kata Hari di kantornya, Senin (14/1/2013).

Dijelaskan dia, musim hujan yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir memicu terhadap rawannya kesehatan unggas. Hal tersebut diperparah dengan pola makan unggas yang seringkali kurang diperhatikan.

“Faktornya karena kedinginan, seiring masuknya musim hujan. Selain itu, cara memilahara dan memberi pakan juga kurang maksimal. Sehingga daya tahan unggas melemah dan akhirnya banyak yang mati,” papar dia.

Lebih jauh dijelaskan dia, untuk mengantisipasi merebaknya kematian ayam secara meluas, pihaknya sudah menurunkan tim ke sejumlah daerah di Kabupaten Majalengka. Selain melakukan penyemprotan, tim tersebut juga memberikan pemahaman kepada para warga.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4953 seconds (0.1#10.140)