Banjir bandang, Aceh Besar rugi Rp14 M

Selasa, 08 Januari 2013 - 14:57 WIB
Banjir bandang, Aceh Besar rugi Rp14 M
Banjir bandang, Aceh Besar rugi Rp14 M
A A A
Sindonews.com - Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, mengklaim telah mengalami kerugian sekira Rp14 miliar akibat banjir bandang yang menerjang empat kawasan di kabupaten tersebut.

Kawasan terparah yang dilanda banjir bandang tersebut adalah di Beureunuet, Kecamatan Seulimum dengan total kerugian mencapai Rp8,8 miliar lebih.

"Kawasan ini yang paling parah. Di desa ini Lahan pertanian sebesar lima hektar rusak," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh Besar Muhammad Hatta, di Aceh Besar, Selasa (8/1/2012).

Menurutnya, selain itu akibat banjir bandang di Beureunuet tersebut, sebanyak 76 rumah terendam banjir, satu rumah hancur, enam unit kedai rusak dan satu kedai hancur. Tak hanya itu, lanjut Muhammad Hatta, ada pula jalan terputus serta 21 tambak juga hancur.

"Lembu yang hilang atau mati mencapai 143 ekor, kambing hilang atau mati 200. Ada pula ayam hilang atau mati sekitra 300 ekor," kata Hatta.

Menurut dia, lokasi yang dilanda banjir lainnya juga meliputi wilayah Lampanah, Kecamatan Seulimum, Meunasah Kulam, Kecamatan Mesjid Raya dan Saree, Kecamatan Lembah Seulawah.

Menurut Hatta, kerugian ditiga lokasi lainnya berbeda-beda, berkisar Rp1 hingga Rp3 miliar. Di Saree kerugian mencapai Rp1,3 miliar selain seorang bocah meninggal.

"Sementara kerugian di Lampanah mencapai Rp2,1 miliar, Kecamatan Masjid Raya mencapai Rp2,2 miliar, di Saree kerugian Rp1,3 miliar," jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2512 seconds (0.1#10.140)