Bayar Rp1 juta bisa jadi caleg dari PDIP

Senin, 07 Januari 2013 - 09:46 WIB
Bayar Rp1 juta bisa jadi caleg dari PDIP
Bayar Rp1 juta bisa jadi caleg dari PDIP
A A A
Sindonews.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terbuka bagi masyarakat yang ingin maju sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2014.

Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanudin menjelaskan, masyarakat di luar PDIP yang ingin maju jadi caleg cukup membayar Rp1 juta. Uang itu bukan untuk partai, tetapi untuk biaya tes yang diadakan internal PDIP terhadap bakal calon legislatif.

Rinciannya, untuk biaya psikotes Rp660 ribu dan untuk biaya makan minum dan administrasi selama tes 1 hari Rp340 ribu.

"Jadi Rp1 juta tak diminta lagi, itu termasuk formulir, makan, snack. Jadi siapa pun yang mau daftar silakan, partai ini partai rakyat," kata Hasanudin, di Bandung, Senin (7/1/2013).

Dia melanjutkan, DPC-DPC yang ada di kabupaten/kota di Indonesia terbuka bagi siapapun yang ingin memakai PDIP sebagai kendaraan politiknya.

Nantinya yang daftar akan disurvei oleh PDIP untuk mengetahui sejauh mana popularitas dan elektabilitasnya. Misalnya dari 20 orang yang daftar, akan diplih siapa yang paling unggul popularitas dan elektabilitasnya.

Hasil survei akan menjadi pertimbangan partai untuk masuk ke tahap uji kelayakan (fit and propertes). "Jika terkenal tapi tak bisa apa-apa percuma. Tapi tak terkenal dan tak bisa apa-apa juga percuma," ungkapnya.

Anggota DPR dari Komisi I ini menyebutkan, syarat umumnya bagi tokoh masyarakat yang mau daftar adalah tidak terlibat korupsi dan kasus narkoba. Terbukanya PDIP bagi masyarakat umum diharapkan bisa memperbaiki kualitas demokrasi di Indonesia. "PDIP kan partai rakyat," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0577 seconds (0.1#10.140)