Warga miskin Pasuruan bakal dapat santunan kematian

Senin, 07 Januari 2013 - 00:17 WIB
Warga miskin Pasuruan bakal dapat santunan kematian
Warga miskin Pasuruan bakal dapat santunan kematian
A A A
Sindonews.com - Warga miskin Kota Pasuruan bakal mendapatkan perhatian lebih dari Pemkot Pasuruan. Selain mendapat bantuan beras secara gratis, warga miskin ini juga akan mendapatkan bantuan sosial santuan kematian. Bantuan santunan kematian yang diberikan kepada ahli warisnya direncanakan akan diberikan sebesar Rp750 ribu.

Santunan kematian kepada keluarga tidak mampu ini sebagai realisasi atas Peraturan Daerah (Perda) inisiatif DPRD yang telah disyahkan pada akhir Desember 2012 lalu. Saat ini Perda Bantuan sosial santuan Kematian masih dilakukan verifikasi di Pemprov Jatim.

Jika disetujui Gubernur Jatim, santunan kematian untuk warga miskin bisa direalisasikan pada akhir tahun mendatang. Yakni setelah Pemkot Pasuruan mengajukan perubahan RAPBD 2013.

Ketua Fraksi Keadilan Hati Nurani (FKHN) DPRD Kota Pasuruan, Ismu Hardiyanto, mengungkapkan, santunan kematian ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemkot terhadap warganya yang kurang mampu. Sehingga pada saat mereka merasakan kesusahan, beban yang akan ditanggung menjadi semakin ringan.

"Bantuan santunan kematian ini akan diberikan kepada keluaga yang tidak mampu. Besaran santunan yang diberikan kepada ahli waris berkisar Rp750 ribu atau menyesuaikan dengan kemampuan anggaran pemkot," kata Ismu Hardiyanto, Minggu 6 Januari 2013.

Untuk memprediksi dan menganggarkan bantuan sosial tersebut yang akan diberikan kepada keluarga miskin tersebut, lanjut Ismu, Pemkot Pasuruan akan mendata angka rata-rata kematian selama bulan Januari-Agustus mendatang. Sehingga pada saat merencanakan besaran bantuan sosial pada P-APBD 2013 sudah bisa diperkirakan besarannya.

Walikota Pasuruan Hasani menyambut baik pengesahan Perda Bantuan Sosial Santunan Kematian tersebut kepada warga tidak mampu. Namun besaran bantuan tersebut tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemkot Pasuruan.

"Perda santunan kematian tentu akan sangat membantu bagi masyarakat yang kurang mampu. Kami akan mengkaji lebih lanjut untuk menentukan besaran santunan kematian yang akan diberikan dengan melihat kemampuan anggaran pemkot," kata Walikota Hasani.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4782 seconds (0.1#10.140)