Karwo ingin sulap Lanud jadi Bandara

Kamis, 27 Desember 2012 - 01:24 WIB
Karwo ingin sulap Lanud jadi Bandara
Karwo ingin sulap Lanud jadi Bandara
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jatim, Soekarwo ingin meningkatkan kualitas penerbangan sipil di pangkalan udara (Lanud) Abdul Rahman Shaleh-Malang menjadi bandara internasional layaknya bandara udara Juanda di Surabaya.

Menurutnya, dia sudah melakukan pembicaraan awal dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) untuk membahas masalah itu. Secara prinsip kata mantan Sekda Prov Jatim ini KSAU setuju. Tinggal menindak lanjuti untuk membahas teknisnya, seperti harus ada pemisahan run way antara penerbangan pesawat militer dengan penerbangan pesawat komersil.

“Kita belum bisa menentukan anggarannya butuh berapa untuk membangun landasan baru. Tapi secara prinsip KSAU mempersilahkan Pemprov Jatim untuk memanfaatkan sebagian lahan di Lanud Abdul Rahman Shaleh sebagai landasan untuk penerbangan sipil,” tegas Pakde Karwo usai melantik Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dan Wakilnya Punjul Santoso di gedung DPRD Kota Batu, Rabu (26/12/2012).

Setelah ada persetujuan dengan KSAU selaku pemegang kendali dan kekuasaan di wilayah Lanud Abdul Rahman Shaleh. Maka Pemprov Jatim akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di wilayah Malang Raya.

“Selama ini petugas bandara Abdul Rahman Shaleh sudah bagus menerima dan melayani penerbangan domestik. Agar sanggup menerima kedatangan dan keberangkatan tamu dari luar negeri. Maka segala sesuatunya harus dibenahi lagi,” jelas dia.

Pakde Karwo yakin, ketika di wilayah Malang sudah terdapat bandara internasional. Maka perekonomian masyarakat lebih menggeliat. Bidikannya adalah wisatawan dari manca negara.

“Kota Batu salah satu kota tujuan wisata di Jatim. Pasti bisa menarik perhatian wisatawan asing untuk berkunjung ke kota wisata ini,” pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7057 seconds (0.1#10.140)