Tebang pohon Dinas PU diprotes

Kamis, 06 Desember 2012 - 10:08 WIB
Tebang pohon Dinas PU diprotes
Tebang pohon Dinas PU diprotes
A A A
Sindonews.com - Upaya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bantul, Jawa Timur untuk meremajakan pohon dengan menebang pohon yang sudah tua dan menuai protes.

Akibatnya program peremajaan dengan menanam kembali 500 bibit anakan angsana mengalami hambatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bantul Heru Suhadi mengatakan pihaknya hanya menebang pohon yang sudah tua atau lapuk. Itu pun akan diremajakan kembali dengan anakan jenis angsana.

"Aksi peremajaan ini ternyata mendapat protes," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/12/2012).

Didampingi Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan, Purwanto, Heru mengaku telah menghentikan sementara program ini, karena mendapat protes.

"Kita hentikan sementara dulu," kata Heru tanpa menyebut elemen masyarakat yang melakukan protes terhadap kebijakannya itu

Informasi yang diperoleh, kegiatan ini diprotes kelompok aktivis atau pegiat lingkungan hidup. Mereka tidak setuju pohon perindang dipotong atau ditebang apalagi di jalan protokol seperti Jalan Sudirman Bantul.

Sebelumnya disepanjang jalan ini, tepatnya di kantor Polres Bantul petugas dari Kantor Pengelolah Pasar dan Dinas PU melakukan penebangan pohon dengan menggunakan mesin.

Pihak yang melakukan protes, berasumsi bahwa jika pohon besar ditebang maka akan berpengaruh terhadap polusi udara sebagai akibat CO2 yang tidak dapat diserap pohon perindang.

Muharo Alfi, dari Kantor Pengelolah Pasar mengatakan selain peremajaan, pihaknya dalam bermitra dengan dinas PU, sepakat untuk menghijauhkan lokasi pasar Banul dan sekitarnya, termasuk meremajakan pohon-pohon dijalan protokol tadi.

Namun peremajaan yang diawali dengan menebang pohon justru dianggap merusak lingkungan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1472 seconds (0.1#10.140)