Menikmati indahnya snorkeling di Pasir Putih

Jum'at, 23 November 2012 - 15:27 WIB
Menikmati indahnya snorkeling di Pasir Putih
Menikmati indahnya snorkeling di Pasir Putih
A A A
Sindonews.com – Kawasan objek wisata alam Pantai Pangandaran memang pilihan tepat untuk memanjakan diri anda selama libur akhir pekan. Beragam cara bisa dilakukan di Pangandaran, karena kawasan objek wisata ini menyediakan beragam aktivitas wisata dalam satu tempat.

Salah satu keunggulannya, pengunjung selain bisa menyaksikan sunrice dan sunset di tempat yang sama di kawasan pantai timur dan pantai barat. Wisatawan juga bisa menikmati fasilitas kuliner, penginapan, belanja, keindahan alam dan beragam atraksi permainan yang menantang.

Salah satu tempat wisata yang patut anda coba saat berada di Pangandaran, yaitu mengunjungi hamparan pasir putih yang ada di Kawasan Cagar Alam Panajung Pangandaran. Di tempat ini, keasrian alam Pangandaran masih sangat terasa di banding kawasan lainya. Di Pasir Putih, wisatawan bisa menyaksikan langsung aneka satwa laut dengan kasat mata hanya dengan mengunakan peralatan sederhana.

Aktivitas wisata ini lebih dikenal dengan istilah snorkeling, hanya dengan mengeluarkan kocek antara Rp45 ribu hingga Rp80 ribu pengunjung sudah bisa puas bersantai di atas hamparan batu karang yang terlihat alami dengan aneka satwa laut yang khas. Tingal pintar-pintar negosiasi saja dengan pemandu snorkeling (menyelam dangkal).

“Keunggulanya snorkeling di Pasir Putih pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang sepuasnya, tanpa di batasi waktu. Selama masih mau dan tertarik, pengunjung bebas berenang selama-lamanya,” kata Sule (29), seorang pemandu di Pasir Putih Pangandaran.

Sebelum sampai di pasir putih, pengunjung yang sampai di Pangandaran harus menaiki perahu pesiar terlebih dahulu yang berangkat dari Pantai Barat Pangandaran. Perahu pesiar ini, selain menyediakan jasa angkut dari Pantai Barat menuju Pasir putih, juga menyediakan fasilitas jasa angkut ke sejumlah titik tempat wisata lain yang berada di sekeliling Cagar Alam.

Diantaranya, terdapat tempat pemancingan, batu kelamin, penagkaran penyu, sarang walet, batu misteri orang duduk yang hanya dilihat dari samping kiri dan kanan, serta batu kodok. Perjalanan menuju sejumlah titik kawasan wisata itu cukup menantang. Pasalnya, selama menaiki perahu dengan perjalanan yang ditempuh sekitar 30 menit itu, wisatawan bisa merasakan naik turunya gelombang.

“Perjalanan laut ini, sema halnya dnegan perjalanan darat. Ada gelombang yang menyerupai jalan tanjakan dan turunan. Di laut juga ada gelombang naik dan turun. Saat berangkat dari Pantai Barat sampai menuju sarang walet perjalanna yang ditempuh menaiki gelombang, sedangkan pulangnya menuruni gelombang,” kata Adji (38), pemandu perahu pesiar.

Puas menyusuri sejumlah titik kawasan wisata di sekeliling cagar alam, pengunjung bisa berlama-lama di kawasan pasir putih. Perahu pengantar akan kembali ke Pantai Barat karena tidak diperbolehkan ada perahu yang bersandar di Pasir Putih.

“Jika sudah puas ingin pulang, tinggal menghubungi kembali nahkoda perahu pesiar,” tambah Adji.

Mustika (28), seorang wisatawan asal Cicadas, Bandung mengaku sangat betah selama berada di kawasan Pasir Putih Pangandaran.

“Yang paling asik dan menegangkan yaitu saat mencoba snorkling. Kita bisa melihat bebatuan karang yang cantik berikut aneka satwa laut yang sudah sangat jinak dan bersahabat dengan pengunjung,” kata Mustika.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0085 seconds (0.1#10.140)