Dam lereng Merapi rampung akhir Desember

Selasa, 20 November 2012 - 16:58 WIB
Dam lereng Merapi rampung akhir Desember
Dam lereng Merapi rampung akhir Desember
A A A
Sindonews.com - Pembangunan dam Kali Apu di lereng Gunung Merapi di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, ditargetkan tuntas akhir Desember mendatang. Pembangunan dam yang menghubungkan Desa Tlogolele dengan Desa Klakah tersebut telah mencapai 80 persen.

Petugas uji lab dam proyek Kali Apu Agus Santoso mengatakan, pelaksanaan proyek penggarapannya cukup rumit. Karena medannya sangat sulit, pihaknya harus membuat jalan terlebih dahulu.

Belum lagi membuatkan jalan pertolongan untuk warga yang akan melintas. Kendati demikian, proyek yang didanai pemerintah pusat itu kini tinggal menuntaskan pengecoran badan dam.

“Pengecoran tidak bisa sekaligus. Melainkan bertahap selapis demi selapis, tujuannya agar kekeringannya bisa merata. Sehingga dam lebih kuat,” ujar Agus Santoso di Boyolali, Selasa (20/11/2012).

Mengenai ancaman banjir lahar dingin, pihaknya tidak lagi cemas. Sebab pengerjaan proyek sudah melebihi mainhole atau lubang pembuangan air Kali Apu.

Jika terjadi banjir, air bisa lewat lubang tersebut. Sehingga proyek dalam rangka rehabilitasi dan rekontruksi pasca erupsi Merapi ini tetap bisa diteruskan.

Kepala Desa (Kades) Tlogolele Budi Harsono mengatakan, dam itu nantinya bisa menjadi jalur lalu lintas warga untuk pergi ke pusat kota Kecamatan Selo maupun wilayah Boyolali.

“Saat dam hancur diterjang banjir lahar dingin, warga kesulitan untuk bepergian,” beber Budi Harsono.

Warga Desa Tlogolele yang akan bepergian terpaksa memutar melewati dam Klampahan di wilayah Sawangan, Magelang. Itu pun harus ekstra waspada mengingat saat banjir sulit dilalui.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1295 seconds (0.1#10.140)