Rayakan Idul Adha, Lapas Sibolga makan bersama

Minggu, 28 Oktober 2012 - 01:00 WIB
Rayakan Idul Adha, Lapas Sibolga makan bersama
Rayakan Idul Adha, Lapas Sibolga makan bersama
A A A
Sindonews.com - Rayakan hari raya Idul Adha, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sibolga di Jalan Tukka, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tenga (Tapteng), menggelar acara makan bersama dengan 495 Narapidana (Napi) dan Tahanan.

Kegiatan ini merupakan kali pertama sejak Lapas Sibolga berdiri sejak 25 tahun silam.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Sibolga, Marasidin Siregar mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah agama dalam rangka pembangunan nilai-nilai agama kepada warga binaan, sekaligus memberikan suasana hiburan kepada mereka.

"Nilai-nilai agama dan sosial kemasyarakatan yang ada diluar itu, itu lah yang kita coba juga bawa kemari. Kita usahakan sedapat mungkin supaya tidak stagnan di dalam Lapas," kata Marasidin, di Lapas Sibolga, Sabtu 27 Oktober 2012.

Dia menambahkan, pada perayaan Idul Adha 1433H ini, juga dilaksanakan salat berjamaah yang dipimpin oleh Al-Ustadz Zainun Sinaga, sekaligus memberikan siraman rohani kepada para warga binaan.

"Adapun siraman rohani yang diberikan mengenai kesabaran," ucapnya.

Disinggung mengenai hewan Qurban, Marasidin mengungkapkan, hewan yang mereka qurbankan berupa satu ekor sapi yang berasal dari donatur.

"Kalau kita sendiri, tidak mungkin, karena kita tidak memiliki anggaran untuk itu," tukas Marasidin.

Dia berharap, kegiatan-kegiatan keagamaan untuk pembentukan mental dan karakter kiranya tetap berlangsung di Lapas Sibolga, baik dalam kegiatan yang bersifat Islamiah dan Kristiani.

"Untuk kegiatan Kristiani, kita (Lapas) ada membentuk sebuah kelompok (30 orang satu kelompok) belajar Alkitab dan kita sudah menamatkan sebanyak 16 angkatan," tandasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8854 seconds (0.1#10.140)