Ada cacing hati di sapi kurban Gubernur Jabar

Jum'at, 26 Oktober 2012 - 13:05 WIB
Ada cacing hati di sapi kurban Gubernur Jabar
Ada cacing hati di sapi kurban Gubernur Jabar
A A A
Sindonews.com - Cacing hati (Fasciola hepatica) ditemukan pada hati sapi kurban yang dipotong di rumah dinas Gubernur Jawa Barat (Jabar).

Secara fisik, sapi lokal seberat 365 kilogram ini tidak menampakkan gejala penyakit yang khas pada jenis hewan ternak sapi, domba, dan kambing tersebut. Namun setelah dipotong, lalu dilakukan pemeriksaan organ dalamnya, ternyata ditemukan spesies cacing yang berbentuk pipih, berwarna abu-abu dengan panjang sekitar tiga sentimeter.

Melihat kondisi itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan langsung meminta panitia kurban keluarga di rumah dinas tersebut untuk segera membuangnya.

"Buang saja, jangan sampai dikonsumsi," ungkap Heryawan dihadapan wartawan, Jumat (26/10/2012).

Namun sebelum dibuang, Heryawan meminta Indriantari, Kasi Kesehtan Masyarakat Veteriner, Dinas Peternakan Jabar, yang berada di lokasi untuk memastikannya terlebih dahulu, sekaligus memintanya untuk memberikan penjelasan kepada para wartawan perihal cacing tersebut.

Indriantari menjelaskan, penyakit cacing hati memang sulit dideteksi dari luar kecuali dilakukan pemeriksaan langsung pada bagian hati secara langsung, sekalipun hewan itu terlihat gemuk dan lincah.

"Memang penyakit pada hewan itu bisa diketahui melalui ante mortem (sebelum penyembelihan) dan post mortem (pasca penyembelihan). Untuk penyakit cacing hati ini, biasanya baru dapat dipastikan pada post mortem karena di luar tidak menunjukkan gejala apapun," ungkap Indriartari kepada wartawan sambil memotong bagian dalam hati sapi untuk lebih memastikan gejala serta keberadaan cacing.

Hati sapi itu sudah menunjukkan gejala tidak normal seperti warna merah pucat secara keseluruhan dan warna biru kehitaman di bagian tertentu, permukaan hati tidak rata, dan ujung organ hati yang tidak lagi lancip. Kondisi ini akibat cacing-cacing yang sudah hidup lumayan lama.

"Melihat kondisi seperti ini, diperkirakan sudah sekitar satu tahun sapi ini mengidap cacing hati," jelasnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6582 seconds (0.1#10.140)