Puntung rokok ludeskan 6 hektare kebun tebu

Rabu, 17 Oktober 2012 - 22:08 WIB
Puntung rokok ludeskan 6 hektare kebun tebu
Puntung rokok ludeskan 6 hektare kebun tebu
A A A
Sindonews.com - Diduga akibat puntung rokok yang dibuang orang tidak bertanggung jawab, kebun tebu di Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, terbakar. Akibatnya 6 hektare lahan kebun tebu ludes dilalap api.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, titik api mulai nampak sekitar pukul 10.00 WIB. Akibat cuaca panas dan udara yang kencang, api dengan mudah menjalar.

“Pertama kali diketahui api berada di tengah-tengah kebun. Karena cuaca yang sangat panas, api akhirnya cepat menjalar ke bagian lain. Untuk penyebab sendiri, kemungkinan dari puntung rokok,” kata Kepala Urusan Pemerintahan Desa Bantarwaru Sumarno di Majalengka, Jawa Barat, Rabu (17/10/2012).

Kebakaran yang terjadi pada lahan bengkok milik Pemerintah Desa (pemdes) tersebut sempat memicu kekhawatiran warga yang berada di sekitar lokasi. Pasalnya, jarak antara kebun tebu dengan pemukiman warga cukup dekat.

“Khawatir merembet ke pemukiman, akhirnya warga berinisiatif untuk memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya,” jelas dia.

Sementara itu, untuk mencegah kembali terjadinya kebakaran, Aparat Desa setempat bersama warga hingga saat ini masih berjaga di lokasi kebakaran. Belum diketahui secara pasti angka kerugian akibat musibah tersebut.

“Kita masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran susulan. Mengingat angin yang cukup kencang, bisa saja muncul percikan api dari sisa-sisa kebakaran yang belum dingin,” kata Camat Ligung, Gatot Sulaiman saat meninjau ke lokasi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5824 seconds (0.1#10.140)