Longsor dan puting beliung bakal terjang Bogor

Kamis, 11 Oktober 2012 - 16:56 WIB
Longsor dan puting beliung bakal terjang Bogor
Longsor dan puting beliung bakal terjang Bogor
A A A
Sindonews.com - Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga, Bogor, Jawa Barat, memprediksi cuaca ekstrem di wilayah Kota atau Kabupaten Bogor akan berlangsung cepat. Pasalnya cuaca ekstrem tersebut kerap diwarnai longsor dan angin puting beliung.

"Untuk kami imbau kepada masyarakat untuk waspada, karena sejak awal Oktober wilayah Bogor sudah memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG, Bogor, Hendri Antoro kepada wartawan, Kamis (11/10/2012).

Lebih lanjut ia mengatakan, tanda-tanda cuaca ekstrem sendiri disebabkan adanya peralihan antara musim kemarau ke musim penghujan dan dapat dirasakan sinar matahari yang terik akan tetapi suhunya cukup lembab.

"Kondisi tersebut membuat pembentukan awan gelap dan turun hujan dengan sangat cepat," tambahnya.

Hendri menambahkan, beberapa hari ini hujan menguyur Bogor cukup lebat dan ekstrem, dengan volume air mencapai 75 milimeter disertai kecepatan angin sekitar 53 kilometer per jam.

"Masyarakat harus mewaspadai hujan deras disertai angin puting beliung dan petir, akan terus melanda Bogor. Khususnya bagi daerah di hilir seperti Jakarta atau Tangerang yang biasa terkena banjir," jelasnya.

Dampak cuaca ekstrem terjadi di wilayah Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor. Sedikitnya 18 rumah di Kampung Sawah Lembah Duhur, RT 04/01, Kelurahan Mulyaharja, Bogor Selatan rusak berat dan ringan diterjang puting beliung.

(haryudi)
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6151 seconds (0.1#10.140)