Warga Dukun portal jalan Penambangan

Senin, 24 September 2012 - 03:07 WIB
Warga Dukun portal jalan Penambangan
Warga Dukun portal jalan Penambangan
A A A
Sindonews.com - Warga dua desa yakni Keninger dan Sumber Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang menggelar ritual selamatan jalan untuk kepentingan bersama. Tak hanya itu, warga dua desa ini juga memasang portal untuk membatasi muatan truk penambang pasir.

Upacara ritual tersebut dilakukan guna menyelamatkan jalan supaya tidak rusak akibat seringnya dilalui oleh kendaraan penambang pasir dengan muatan yang melebihi tonase.

Ratusan warga berkumpul sejak pukul 13.00 untuk secara bersama melakukan prosesi ritual. Diantaranya arak-arakan kelompok seni jathilan, potong tumpeng, dan doa bersama.

Koordinator acara ritual, Yesiel Sugiyono mengatakan, warga dua desa tersebut sudah kompak dan berkomitmen untuk menyelamatkan jalan yang menjadi akses evakuasi korban jika terjadi bencana Gunung Merapi.

Untuk itu, mulai hari Minggu (23/9/2012) kendaraan yang memasuki jalur tersebut dibatasi hanya membawa muatan maksimal 5 ton. Selain itu, armada golongan C hanya boleh beroperasi mulai 6.00-18.00 WIB.

"Dengan begitu, kami memasang dua portal yakni di jalan masuk Desa Keningar dan Desa Sumber," katanya di sela-sela acara.

Bagi kendaraan yang bermuatan melebihi batas maksimal tersebut akan dipaksa untuk mengurangi beban sendiri.

"Kami tidak memberi sanksi atau minta pungutan. Hanya saja kalau ada muatan yang melebihi batas, kami akan menyuruh untuk menurunkannya sendiri," paparnya.

Lestari Riyanto, pemuka adat Desa Keningar mengemukakan bahwa pemasangan portal yang disertai dengan upacara ritual tersebut dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian warga terhadap keselamatan jalan.

"Ada beberapa ritual tradisi maupun doa bersama. Kami berharap ini semua demi kepentingan bersama dalam menjaga jalan ini," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.3552 seconds (0.1#10.140)