Banyumas siap sambut Visit Jateng 2013

Kamis, 13 September 2012 - 16:35 WIB
Banyumas siap sambut Visit Jateng 2013
Banyumas siap sambut Visit Jateng 2013
A A A
Sindonews.com - Kabupaten Banyumas menjadi salah satu daerah yang dinilai sudah siap menyambut program Visit Jawa Tengah (Jateng) 2013. Dipastikan semua obyek wisata dapat diakses dengan mudah melalui kendaraan umum maupun pribadi.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Jateng Edy Supryanta mengatakan, Kabupaten Banyumas merupakan daerah yang cukup banyak memiliki obyek wisata yang menarik. Selain daerahnya yang sejuk, panorama alamnya masih terjaga dengan baik.

"Kami menilai Banyumas akan berpengaruh positif terhadap program Visit Jateng 2013 nanti. Keindahan obyek wisatanya memiliki daya tarik yang luar biasa," kata Edy Supryanta saat melakukan kunjungan wisata Dishubkominfo Jateng di Kabupaten Banyumas, Kamis (13/9/2012).

Menurut Edy, obyek wisata yang berada di Kabupaten Banyumas dapat diakses dengan mudah oleh para wisatawan domestik maupun asing menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

"Wisatawan yang datang dari Jakarta bisa mengakses melalui kereta api dan bus, yang dari Semarang bisa menggunakan layanan travel dan bus. Sedangkan Yogyakarta bisa kereta api, travel, serta bus," tandasnya.

Setelah masuk di wilayah Kabupaten Banyumas, para wisatawan bisa mengunjungi obyek wisata menggunakan kendaraan umum. Misalnya yang bertujuan ke obyek wisata Baturraden, sudah tersedia angkutan kota sekitar 20 armada.

"Armada tersebut mulai beroperasi mulai pukul 04.00 sampai 17.00. Armada serupa juga tersedia menuju obyek wisata yang lain. Selain itu, taksi juga tersedia dengan mudah," paparnya.

Selain kemudahan armada, Edy menyampaikan rambu-rambu lalu lintas dan rambu penunjuk arah obyek wisata tergolong lengkap dan strategis di tiap jalan.

"Kalau melihat rambu-rambu di sini kemungkinan kecil wisatawan tersesat. Semua penunjuk arah cukup lengkap," imbuhnya.

Kendati demikian, Edy berharap kepada Dishubkominfo Kabupaten Banyumas untuk bisa melakukan peningkatan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) supaya dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

"Peningkatan layanan sangat penting. Mulai dari penguasaan lokasi hingga keramahan dalam menyambut wisatawan. Terpenting, Dishubkominfo Jateng siap mendukung dan membantu dalam menutupi kekurangan," tuturnya.

Sementara itu, Djoko Haryanto, Kasi Obyek Pemasaran dan Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas menyampaikan, ada lima obyek wisata yang berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas. Yakni obyek wisata Baturraden, Taman Rekreasi Andang Pangrenan, Monumen Panglima Besar Jendral Soedirman, Museum Wayang Sendangmas, dan Balai Kemambang.

"Tapi ada sejumlah tempat yang juga asik dikunjungi, seperti Sungai Serayu yang menggelar lomba balap perahu pasir di tiap tahun," ungkapnya.

Bagi wisatawan yang berkunjung, ujar dia, dipastikan akan mendapat pelayanan yang baik serta dapat menikmati keindahan panorama alam maupun buatan dengan nyaman dan aman.

"Mengenai penginapan, di Banyumas ada sekitar 180 hotel dan rumah makan sekitar 300. Jadi, kami benar-benar mengutamakan kepuasan pengunjung," tandas Djoko.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4898 seconds (0.1#10.140)