Atap SD Wonotingal ambrol

Minggu, 02 September 2012 - 04:16 WIB
Atap SD Wonotingal ambrol
Atap SD Wonotingal ambrol
A A A
Sindonews.com – Atap ruang kelas 1 A SD Wonotinggal 01 dan 02 tiba-tiba runtuh. Runtuhnya atap ruang kelas itu diduga kayu atap sudah lapuk dimakan rayap.

Beruntung runtuhnya atap tersebut terjadi pada malam hari disaat tidak digunakan untuk proses belajar mengajar, sehingga tidak mengakibatkan korban. Seluruh barang yang ada di dalam ruangan tertimpa reruntuhan. Peristiwa ini terjadi pada Jum’at 31 Agustus 2012 malam sekira pukul 20.00 WIB.

Akibat kejadian tersebut, siswa kelas 6 harus belajar di teras sekolah dengan menggunakan peralatan seadaanya, karena ruang kelas 6 digunakan untuk belajar siswa kelas 1 yang atap ruanganya runtuh.

Adi,salah satu siswa berharap pemerintah bisa segera melakukan pembangunan kembali ruang kelas yang roboh sehingga bisa digunakan untuk belajar mengajar dengan nyaman. “Takut, kalau ada yang lain ikut roboh juga, jadinya belajar tidak nyaman,” katanya.

Kepala Sekolah SD Wonotingal 01 dan 02 Sri Widayati mengatakan, runtuhnya atap ruang kelas 1 tersebut, dikarenakan termakan usia. Bangunan dibuat sekira tahun 1983 dan belum pernah mendapatkan perbaikan.”Kayu-kayunya sudah rapuh termakan usia, karena sejak awal dibangun sampai sekarang belum pernah diperbaiki,” katanya, Sabtu 1 september 2012.

Atap yang runtuh adalah ruang kelas 1 A. di samping kanan dan kiri adalah ruang kelas 1 B dan C serta ruang Agama. ”Setelah runtuh ini ketiga ruang lain tidak digunakan karena kami khawatir terjadi runtuh susulan,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, pihak sekolah sudah lama mengajukan bantuan kepada Dinas Pendidikan untuk melakukan renovasi. Menurut rencana bantuan tersebut akan terealisasi pada tahun ini. ”Kita sudah mendapatkan Dana Alokasi husus (DAK) untuk pembangunan, namun belum direnovasi malah sudah ambrol duluan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kota Semarang Soedjono mengatakan, dinas sudah mengalokasikan anggaran pembangunan melalui DAK. Dan pada bulan ini sudah bisa langsung direalisasikan. “SD Wonotinggal ini termasuk prioritas, jadi pada tahun ini sudah ada alokasi dananya ke sana, ini hanya saja masih menunggu lelang,” ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7318 seconds (0.1#10.140)