Ratusan rumah di Parigi Mautong dihantam banjir

Minggu, 26 Agustus 2012 - 13:13 WIB
Ratusan rumah di Parigi Mautong dihantam banjir
Ratusan rumah di Parigi Mautong dihantam banjir
A A A
Sindonews.com – Ratusan rumah dihantam banjir bandang di Kabupaten Parigi Mautong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Selain menghantam rumah-rumah warga, banjir tersebut juga mengakibatkan dua orang tewas akibat terperangkap banjir dalam rumahnya.

Kapolres Parigi Mautong, AKBP Hondawan Naibaho yang dikonfirmasi via telepon mengatakan dua orang yang tewas akibat banjir tersebut adalah Kristina Tuwanil (Mama Wola) (80) dan Gita (2) yang tidak lain adalah cucunya. Korban merupakan warga di Desa Gangga, Kecamatan Parigi Selatan.

Dia mengatakan, banjir yang terjadi kemarin malam, menghantam ratusan rumah di tiga desa. Yakni Desa Lemusa, Desa Gangga, dan Desa Boyontongo. Selain itu, sekitar 30 rumah di pinggir sungai dekat dekat jembatan Boyontongo juga ikut disapu air.

Ditanya soal jumlah korban jiwa akibat peristiwa tersebut, Hondawan menyebutkan untuk sementara baru dua orang yang ditemukan. Kabarnya ada lima, tapi masih dalam pencarian.

Lebih lanjut Hondawan, saat ini pihaknya bersama pemerintah setempat sudah menurunkan dua alat berat di lokasi bencana. Kedua alat berat itu untuk membersihkan badan jalan dari sampah dan lumpur akibat banjir tersebut.

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dari data di lapangan, akibat banjir tersebut dua orang meninggal dunia, satu orang hilang, empat orang luka berat, dua orang luka ringan. Kerusakan fisik meliputi 15 rumah hanyut, 51 rumah rusak berat, 100 rumah terendam lumpur, dua gereja rusak, satu puskesmas rusak berat, jembatan Boyantogo dan Dolago yang merupakan trans Sulawesi terputus. 356 KK (1.424 jiwa) mengungsi.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1339 seconds (0.1#10.140)