Alkes di RSUD Matra kerap hilang

Kamis, 16 Agustus 2012 - 14:44 WIB
Alkes di RSUD Matra kerap hilang
Alkes di RSUD Matra kerap hilang
A A A
Sindonews.com - Hilangnya alat kesehatan (Alkes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Selatan (Sulsel) disesalkan oleh sejumlah pihak. kehilangan tersebut dinilai tidak direspon oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Matra

Ketua Badan Legislatif (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Matra, Musawir Az Isham menyesalkan sikap Bupati Matra, Agus Ambo Djiwa yang terkesan acuh dengan hilangnya alkes di RSUD Matra. Padahal kejadian kehilangan ini sudah dua kali terjadi dengan total kerugian negara sebesar Rp2,6 miliar.

"Mestinya sejak kejadian pertama pada 2011 lalu itu Bupati harus sudah mengambil tindakan. Bukan dibiarkan dan hanya mengandalkan pada kerja polisi saja. Akibatnya, terulang sampai dua kali," ungkap Musawir menjelaskan kepada wartawan, Kamis (16/8/2012).

Lambatnya pengambilan kebijakan Bupati ini mengakibatkan terulangnya pencurian alkes. Karena itu dia sependapat dengan rencana Ketua DPRD Matra, Yaumil RM, untuk melaporkan kasus ini ke Polda Sulsel.

Di tempat terpisah Bupati Matra Agus Ambo Djiwa mengaku tidak mau gegabah dalam mengambil keputusan. Dia mengaku, ada kerugian negara akibat hilangnya alkes tersebut.

"Saya kira ini dilakukan oleh orang dalam dan pelakunya sama. Sekalipun dijaga ektra ketat, pelaku pasti akan mencari cara. Dalam waktu dekat, saya akan mengambil kebijakan tegas," katanya.

Kasus ini kemudian dihubung-hubungkan dengan proses pengadaan barang alkes yang diduga tidak prosedural. Namun isu itu dibantah Agus. Ditegaskan, proses lelang sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku tanpa ada rekayasa.

Hingga berita ini disusun, aparat dari Polres Mamuju masih melakukan pengusutan di lokasi. Beberapa saksi sudah dimintai keterangan.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5160 seconds (0.1#10.140)