Lapindo ada di balik Hari Suwandi?

Jum'at, 27 Juli 2012 - 15:21 WIB
Lapindo ada di balik Hari Suwandi?
Lapindo ada di balik Hari Suwandi?
A A A
Sindonews.com - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menduga, ada sejumlah pihak-pihak yang berada di balik Hari Suwandi. Aksi jalan kaki Hari dari Porong ke Jakarta sudah disusun secara sistematis.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur Ony Mahardhika menduga pihak Lapindo berada di belakang aksi Hari Suwandi ini. Apalagi Hari sampai menyampaikan permintaan maafnya ke Aburizal Bakrie di TV One.

"Aksi Hari Suwandi ini ada grand design dan Lapindo berada di balik aksi ini semua. Hal itu memperkuat opini PT Lapindo tidak bersalah," kata Ony saat dihubungi, Jumat (27/7/2012).

Ony juga mengatakan, aksi Hari Suwandi tidak ada sangkut pautnya dengan warga korban lumpur Lapindo. Sebab, Hari Suwandi beraksi sendirian tentunya bukan representasi korban lumpur Lapindo. Selain itu, dari rekam jejak Hari Suwandi di lingkungan juga kurang baik.

"Sebelum memulai aksi memang pernah koordinasi dengan Walhi. Namun, Walhi tidak bisa mem-backup karena upaya jalan kaki dilakukan sendirian. Seandainya pada waktu itu ada seratus orang yang jalan kaki, pasti akan kami backup," paparnya.

Kata Ony, hingga tahun 2012 ini isu Lapindo semakin kencang. Terlebih saat pelunasan korban lumpur Lapindo. Salah satu upaya untuk membalikkan opini adalah dengan memunculkan Hari Suwandi di TV One.

"Ini bagian dari desain karena isu Lapindo semakin kencang. Semua ditata dengan rapi. Hari Suwandi sendiri tidak punya jaringan aktivis namun ada pihak-pihak yang membantunya," tukasnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7968 seconds (0.1#10.140)