Semburan Lumpur Mirip Lapindo di Perbatasan NTT-Timor Leste Viral di Medsos, Warga Panik

Rabu, 08 Juni 2022 - 14:55 WIB
loading...
Semburan Lumpur Mirip Lapindo di Perbatasan NTT-Timor Leste Viral di Medsos, Warga Panik
Cuplikan video amatir semburan lumpur mirip lumpur Lapindo viral di media sosial (medsos) dan beredar luas di masyarakat desa Napan di perbatasan NTT dan Timor Leste. Foto tangkapan layar
A A A
KEFAMENANU - Cuplikan video amatir semburan lumpur mirip lumpur Lapindo viral di media sosial (medsos) dan beredar luas di masyarakat desa Napan di perbatasan NTT dan Timor Leste. Semburan lumpur setinggi belasan meter itu sempat membuat panik warga Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT.



Warga Desa Napan takut luapan lumpur terus mengalir hingga menerjang permukiman mereka. Camat Bikomi Utara, Simon Monemnasi membenarkan fenomena alam tersebut. Namun dia menegaskan bahwa semburan itu bukan terjadi di wilayah Indonesia tetapi di wilayah Timor Leste yang berada pada jarak 100 meter dari kantor camat. Baca juga: 2 Penemuan Harta Karun yang Mencengangkan, Ada Miliaran Ton Emas di Dekat Bali

Video tersebut direkam oleh anak-anak Timor Leste dekat tapal batas. “Itu rumah mereka tidak jauh kemudian mereka sebar ke kluarga mereka di Napan sini. Padahal kejadin di Timor Leste . Memang benar terjadi, tapi bukan di wilayah Indonesia,” ujar Simon, Rabu (8/2022).

Sedangkan di wilayah Indonesia, tak jauh dari kantor camat setempat terdapat empat titik semburan lumpur, namun sudah membentuk bukit kecil. “Meski kerap mengeluarkan bunyi gemuruh, namun luapan lumpur lebih sedikit,” pungkasnya. Baca juga: Menggali Harta Karun di Lumpur Lapindo, Ada Logam Tanah Jarang hingga CRM!

Terkait fenomena alam yang terjadi di tapal batas Kabupaten TTU dengan distrik Oekusi Timor Leste, pihak TNI dan Polri mengimbau warga agar tidak panik serta tidak mendekat ke sumber sumburan tersebut.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1070 seconds (10.55#12.26)