Kandangsapi resmi jadi kecamatan di Pasuruan

Jum'at, 27 Juli 2012 - 09:03 WIB
Kandangsapi resmi jadi kecamatan di Pasuruan
Kandangsapi resmi jadi kecamatan di Pasuruan
A A A
Sindonews.com - Sidang paripurna DPRD Kota Pasuruan akhirnya berhasil menetapkan pemekaran kecamatan baru. Dari tiga kecamatan definitif, DPRD menambah satu kecamatan baru yakni Kecamatan Kandangsapi.

Penetapan kecamatan baru ini diputuskan setelah empat dari enam fraksi di DPRD memberikan persetujuannya. Sementara dua fraksi yakni Fraksi Keadilan Hati Nurani (FKHN) dan FPPP menyatakan sikap untuk menunda penetapannya. Ketua FKHN, Lukman Hakim mengungkapkan, keputusan untuk menunda penetapan tersebut didasarkan atas tidak berimbangnya struktur kependudukan dan beban kerja kecamatan yang baru. Selain pembahasan yang relatif singkat, yakni 10 hari kerja, sejumlah elemen masyarakat juga tidak diajak bicara.

”Kecamatan Kandangsapi sebagai kecamatan baru justru terdapat 13 kelurahan dengan jumlah penduduk mencapai 70.000 jiwa. Sementara tiga kecamatan yang dipecah, justru paling banyak menjadi delapan kelurahan,” kata Lukman Hakim.

Dengan kondisi yang timpang ini dikawatirkan justru akan menjadi beban baru bagi kecamatan Kandangsapi. Karenanya, ia berpendapat bahwa penetapan kecamatan baru ini terkesan dipaksakan demi mengejar target waktu.

”Ada kesan pemaksaan penetapan pemekaran wilayah. Ini demi mengejar deadline 1 Agustus bahwa pemekaran wilayah sudah harus sampai di Kementerian Dalam Negeri,” tandas Lukim, panggilan akrab Ketua Partai Hati Hurani Rakyat (Hanura) Kota Pasuruan.

Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki menyatakan, penetapan rancangan peraturan daerah tentang pembentukan kecamatan baru tersebut didasarkan atas sikap politik mayoritas fraksi. Dari enam fraksi, empat diantaranya telah menyatakan persetujuannya.

”Dua fraksi dengan jumlah anggota tujuh anggota yang meminta untuk menunda. Sedangkan empat fraksi lain dengan jumlah anggota 17 anggota menyatakan persetujuannya,” kata Ismail Marzuki.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6789 seconds (0.1#10.140)