Longsor di Ambon, belasan rumah rusak berat

Selasa, 10 Juli 2012 - 14:40 WIB
Longsor di Ambon, belasan rumah rusak berat
Longsor di Ambon, belasan rumah rusak berat
A A A
Sindonews.com - Belasan rumah di Kota Ambon rusak diterjang longsor. Hal ini disebabkan hujan deras yang mengguyur Kota Ambon dalam sepekan terakhir. Akibatnya, puluhan warga terpaksa mengungsi di tempat aman.

Sekira sebelas unit rumah di kawasan perbukitan Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon ini longsor, Selasa (10/7/2012). Longsor disebabkan hujan deras yang terus mengguyur Kota Ambon dalam sepekan terakhir.

Salah seorang warga, Ipa Wenno mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun puluhan warga di kawasan itu kini mengungsi ke tempat yang lebih aman. Menurut Ipa, sebelumnya kawasan ini juga mengalami keretakan serta pergeseran tanah. Kondisi ini sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.

"Keretakan tanah ini diperparah dengan hujan yang terus turun sepanjang hari," ujar Ipa menjelaskan kepada wartawan.

Untuk menyelidiki adanya pergeseran tanah di kawasan ini, Wali Kota Ambon Richard Lohenapessy mendatangkan tim ahli geologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) guna melakuan penelitian lebih lanjut terkait fenomena alam tersebut.

"Rencananya kita akan mencari lahan baru untuk merelokasi semua warga yang tinggal di kawasan perbukitan tersebut untuk menghindari longsor yang kerap terjadi," ujar Richard menjelaskan.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6015 seconds (0.1#10.140)