Kemarau, ribuan hektare lahan kering

Selasa, 03 Juli 2012 - 12:37 WIB
Kemarau, ribuan hektare lahan kering
Kemarau, ribuan hektare lahan kering
A A A
Sindonews.com - Memasuki musim kemarau, Waduk Dawuan di Kabupaten Madiun mengering. Kondisi ini membuat para petani khawatir tidak bisa menggunakan air waduk sebagai sarana irigasi.

Saat normal, Waduk Dawuan di Desa Dawuan, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun ini berkapasitas 3,9 juta meter kubik. Saat ini kondisi waduk mengering. Tak setetes pun air mengalir di pintu-pintu saluran air utama yang mengarah ke saluran irigasi petani.

Salah seorang petani di Dawuan, Tomo mengatakan akibat keringnya waduk, ribuan hektare lahan pertanian di dua kecamatan di Kabupaten Madiun tidak mendapat pasokan air. Sebagian petani memilih membiarkan lahan sawahnya mengering.

"Kami memanfaatkan sisa air waduk untuk mencari ikan. Hasilnya di jual. irigasi sudah tak ada air, lahan kami mengering," ujar Tomo menjelaskan kepada wartawan, Selasa (3/7/2012).

Waduk Dawuan sendiri dalam kondisi normal mampu mengairi sawah seluas kurang lebih 2.800 hektare. Sejak dua pekan terakhir debit air waduk semakin hari semakin berkurang hingga saat ini sudah tidak mampu mengairi sawah petani.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5084 seconds (0.1#10.140)