Situs diduga peninggalan Majapahit ditemukan warga

Senin, 11 Juni 2012 - 18:21 WIB
Situs diduga peninggalan Majapahit ditemukan warga
Situs diduga peninggalan Majapahit ditemukan warga
A A A
Sindonews.com - Warga Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur digegerkan dengan ditemukannya sebuah benda yang diduga benda purbakala. Benda mirip jobong (gentong) setinggi lebih dari dua meter tersebut tertanam di dalam tanah dan sudah dua pekan ini terus digali oleh warga.

Warga menduga ini adalah benda purbakala berupa tepian sumur kuno yang ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Jika memang benar ini adalah jobong maka keberadaan benda ini menandakan Desa Gondek dahulunya merupakan pemukiman atau tempat tinggal penduduk di masa Kerajaan Majapahit.

Benda tersebut awalnya ditemukan warga saat akan menggali bahan pembuat genting di halaman rumah milik Buari (59). Saat menggali pada kedalaman satu meter, mata cangkul warga mengenai benda keras yang terbuat dari tanah liat.

"Cangkul menghantam benda keras. Biasanya memang sering menghantam batu, tapi kali ini agak beda" ujar Roni, warga sekitar menjelaskan, Senin (11/6/2012).

Karena penasaran, warga kemudian menggalinya lebih dalam dan melihat bentuk benda ini sangat unik. Benda tersebut mirip gentong atau tempat menyimpan air namun bertumpuk-tumpuk hingga setinggi lebih dari dua meter.

Dengan penemuan ini, warga mengaku belum melaporkannya ke dinas terkait dan memilih terus menggalinya sendiri. Sebagian warga penasaran dan ingin mengetahui benda apa sebenarnya yang mereka temukan ini.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4988 seconds (0.1#10.140)